KEEFEKTIFAN PANDUAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI MA TARBIYATUL ISLAM SOKO

Khoidah, Barotin (2022) KEEFEKTIFAN PANDUAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI MA TARBIYATUL ISLAM SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nadhlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepedulian sosial adalah suatu peran yang melibatkan manusia dalam hidupnya untuk saling ketergantungan dan peduli yang dibuktikan dalam sebuah tindakan untuk menciptakankeseimbangan kehidupan dengan orang lain. Kepedulian social memiliki 4 indikator diantaranya adalah (1) motivation (dorongan), (2) cognitive (perilaku), (3) Emotion (empati, simpati), (4) Behavior (kerjasama, kontribusi terhadap kesejahteraan umum). Dari keempat indikator di atas kemampuan cognitive dan emotion siswa dirasa masih belum terbentuk dalam diri siswa. Sehingga diperlukan tindakan nyata agar dapat meningkatkan kepedulian siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
Berdasarkan masalah diatas, perlu adanya sebuah inovasi untuk mengatasi hal tersebut. Dalam hal ini teknik modeling simbolik dianggap efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true eksperimen. Adapun penelitian ini melibatkan 30 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, 15 siswa kelompok eksperimen dan 15 siswa kelompok kontrol. 15 siswa kelompok eksperimen diberikan treatmen selama 6 pertemuan sesuai dengan bukup anduan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa. Berdasarkan hasil post-testdari 30 siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok. Dengan rata-rata kelompok eksperimen 91.8, dan hasil rata-rata kelompok kontrol adalah 83.4. darihasil posttest dapat ditarik kesimpulan bahwasanya teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: kepedulian sosial, teknik modeling simbolik, bimbingan kelompok
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Barotin Khoidah
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:51
Last Modified: 15 Nov 2022 07:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
0715049401
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita Dwi
0710068404
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item
View Item