Khoidah, Barotin (2022) KEEFEKTIFAN PANDUAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI MA TARBIYATUL ISLAM SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nadhlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (329kB)
Awalan.pdf
Download (841kB)
BAB I.pdf
Download (520kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (543kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (409kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (519kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kepedulian sosial adalah suatu peran yang melibatkan manusia dalam hidupnya untuk saling ketergantungan dan peduli yang dibuktikan dalam sebuah tindakan untuk menciptakankeseimbangan kehidupan dengan orang lain. Kepedulian social memiliki 4 indikator diantaranya adalah (1) motivation (dorongan), (2) cognitive (perilaku), (3) Emotion (empati, simpati), (4) Behavior (kerjasama, kontribusi terhadap kesejahteraan umum). Dari keempat indikator di atas kemampuan cognitive dan emotion siswa dirasa masih belum terbentuk dalam diri siswa. Sehingga diperlukan tindakan nyata agar dapat meningkatkan kepedulian siswa baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
Berdasarkan masalah diatas, perlu adanya sebuah inovasi untuk mengatasi hal tersebut. Dalam hal ini teknik modeling simbolik dianggap efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true eksperimen. Adapun penelitian ini melibatkan 30 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, 15 siswa kelompok eksperimen dan 15 siswa kelompok kontrol. 15 siswa kelompok eksperimen diberikan treatmen selama 6 pertemuan sesuai dengan bukup anduan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa. Berdasarkan hasil post-testdari 30 siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok. Dengan rata-rata kelompok eksperimen 91.8, dan hasil rata-rata kelompok kontrol adalah 83.4. darihasil posttest dapat ditarik kesimpulan bahwasanya teknik modeling simbolik efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepedulian sosial, teknik modeling simbolik, bimbingan kelompok |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Barotin Khoidah |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 07:51 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 07:51 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi 0715049401 Thesis advisor Setyoningsih, Yunita Dwi 0710068404 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2302 |