Faida, Khoirotul (2019) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MENCOCOK TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BUSTANUL ATHFAL PERWANIDA KECAMATAN NGRAHO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (34kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (676kB)
BAB I.pdf
Download (409kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (118kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Alat Permainan Edukatif mencocok adalah media permainan yang berfungsi melatih koordinasi mata dengan tangan serta melatih kemampuan motorik halus anak, mengembangkan ketrampilan tangan, melatih kesabaran dan juga konsentrasi, hal penting yang harus dicapai dalam pengembangan fisik motorik terutama dalam motorik halus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak di BA Perwanida Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro. Perkembangan motorik halus ini meliputi kegiatan mencocok sesuai pola gambar, menjiplak gambar alat pertanian, menebali garis putus-putus pada gambar topi petani. mampu mengancingkan baju dan meremas kertas menjadi bentuk bola.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design one group pretest prosttes. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji sign wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penilaian pretest (sebelum diberi perlakuan) kelas eksperimen pada perkembangan motorik halus diperoleh nilai rata-rata sebesar 10 yang berada pada kategori sedang, perolehan nilai tertinggi sebesar 13, perolehan nilai terendah sebesar 7, sedangkan perolehan standart deviasi sebesar 2. sehingga diketahui bahwa perkembangan motorik halus mayoritas berada pada rentangan 8-10 dengan kategori sedang. Sedangkan hasil penilaian posttest (setelah diberi perlakuan) kelas experimen pada perkembangan motorik halus diperoleh nilai rata-rata sebesar 12 yang berada pada kategori tinggi, perolehan nilai tertinggi sebesar 14, perolehan nilai terendah sebesar 10, sedangkan perolehan standart deviasi sebesar 1. sehingga diketahui bahwa perkembangan motorik halus mayoritas berada pada rentangan 11-13 dengan kategori tinggi. berdasarkan hasil Sign Wilcoxon dapat diketahui bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) ialah 005, dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) lebih kecil < dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh perkembangan motorik halus yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media alat permainan edukatif mencocok.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Motorik Halus, Alat Permainan Edukatif Mencocok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 21 Nov 2021 19:50 |
Last Modified: | 21 Nov 2021 19:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fithriyana, Eshthih UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/230 |