PENGARUH MOVING CLASS SENTRA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN RA ISLAMIYAH NGASEM KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO

NISA’, EVA KHOIRUN (2019) PENGARUH MOVING CLASS SENTRA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN RA ISLAMIYAH NGASEM KECAMATAN NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Anak usia dini ialah mereka yang berusia 3-6 tahun dan biasanya mengikuti
program kindergarten atau taman kanak-kanak. Masa anak-anak memiliki beberapa
tugas perkembangan untuk dapat melanjutkan tahapan perkembangan selanjutnya
yaitu masa remaja yang salah satu tugas perkembangannya yaitu menumbuhkan
kemandirian. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa anak masih belum mampu
melakukan kegiatan yang mengindikaorkan kemandirian.
Kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan
tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap
perkembangan dan kemampuan anak. Pembelajaran di sekolah juga dapat
mempengaruhi kemandirian seorang anak, bagaimana anak belajar mandiri, percaya
diri, didapat dari sekolah. Penelitian ini diangkat atas dasar pemikiran yang
menyatakan bahwa adanya pengaruh Moving Class, maka dapat meningkatkan
kemandirian anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pada sisi inilah penulis
mengkaji keberadaan pengaruh moving class di RA Islamiyah Ngasem terhadap
kemandirian anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dari
masing-masing variabel serta untuk mengetahui pengaruh moving class terhadap
kemandirian anak usia dini di RA Islamiyah Ngasem Kecamatan Ngasem.
Metodologi penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskritif.
Analisa terhadap pengaruh moving class terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun
RA Islamiyah Ngasem, penulis mencoba memaparkan semua data yang diperoleh
dari berbagai literatur, wawancara langsung, kemudian data-data yang terkumpul
dianalisa berpedoman pada sumber-sumber yang tertulis.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pengaruh moving class terhadap
kemandirian anak mempunyai peranan yang sangat besar, karena moving class
mampu membuat anak-anak lebih mandiri. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan
moving class ini bahwa dengan adanya moving class ini disambut positif oleh
masyarakat, khususnya ibu-ibu guru dan anak didik, dan hasilnya bisa dilihat dari
perilaku mereka sehari-hari yang mengalami evolusi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Moving Class, Kemandirian Anak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 Nov 2021 22:04
Last Modified: 18 Nov 2021 22:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NI’MAH, ROUDLOTUN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item
View Item