KEEFEKTIFAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK EXPRESIVE WRITING THERAPHY DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA MTs TARBIYATUL ISLAM

Fitriani, Sofilia (2022) KEEFEKTIFAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK EXPRESIVE WRITING THERAPHY DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI STRES AKADEMIK SISWA MTs TARBIYATUL ISLAM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Stress akademik adalah stress yang muncul karena adanya tekanan-tekanan untuk menunjukan prestasi dan keunggulan dalam kondisi persaingan akademik yang semakin meningkat, sehingga mereka semakin terbebani oleh berbagai tekanan dan tuntutan.
Berdasarkan masalah diatas, perlu adanya teknik untuk mengurangi permasalahan diatas yaitu teknik expresive writing theraphy yang dianggap efektif untuk mengurangi stres akademik siswa. Expresive writing merupakan teknik pengelolaan diri yang berupaya agar individu dapat melakukan perencanaan, dan evaluasi terhadap akitivitas yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true ekperimen. Adapun penelitian berjumlah 30 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, 15 siswa kelompok eksperimen diberikan treatmen selama 6 pertemuan sesuai dengan buku panduan teknik expresive writing theraphy untuk mengurangi tingkat stres akademik siswa .
Berdasarkan hasil post-test dari 30 siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok, dengan rata-rata kelompok eksperimen 100% dan hasil rata-rata kelompok kontrol 119% dari hasil post-test dapat ditarik kesimpulan bahwa panduan teknik expresive writing theraphy efektif untuk mengurangi stress akademik siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: stress akademik, expressive writing theraphy
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Sofilia Fitriani
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:42
Last Modified: 09 Nov 2022 19:37
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item
View Item