PENERAPAN METODE IQRO DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MUBAROKATUL IMAN DESA KATUR KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO

ULFA, MARIA (2022) PENERAPAN METODE IQRO DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MUBAROKATUL IMAN DESA KATUR KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdhlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam pembelajaran bahasa khususnya di Raudhatul Athfal Mubarokatul Iman masih dijumpai berbagai masalah yaitu keterbatasan pengenalan huruf hijaiyah yang diketahui anak, ada juga beberapa anak yang belum mengetahui atau hafal huruf hijaiyah, yang artinya masih banyak anak yang kurang tertarik dengan pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah, sehingga anak tidak dapat memahami kata atau pelafalan huruf hijaiyah yang kurang maksimal.Untuk mengetahui penerapan metode iqro dalam mengenal huruf Hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di RA Mubarokatul Iman Desa Katur Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui apa itu metode iqro dalam mengenal huruf Hijaiyah pada anakusia 4-5 tahun di RA Mubarokatul Iman Desa Katur Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif merupakan penelitian yang menjawab pertanyaan Bagaimana dengan penjelasan yang lebih terperinci mengenai gejala yang dimaksudkan dalam suatu permsalahan penelitian yang bersangkutan. Selain itu pengertian deskriptif adalah upaya menginterprestasikan kondisi yang terjadi dengan tujuan memperoleh informasi mengenai objek penelitian.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, di RA Mubarokatul Iman yang mencakup perencanaan pembelajaran penerapan metode iqro’ dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun, acuan pembelajaran yang digunakan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran adalah dalam bentuk RKH (Rencana Kegiatan Harian) dengan menggunakan indicator, proses belajar yang menyenangkan membuat anak tidak cepat bosan, ruang kelas yang sesuai dengan jumlah anak hal ini tentu akan mendukung proses belajar mengajar, terdapat komunikasi yang cukup efektif antara anak dengan guru serta media apapun huruf hijaiyah juga dapat mendukung dalam meningkatkan kemampuan anak menerima pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah di RA Mubarokatul Iman, proses kegiatan belajar tedapat hambatan-hambatan pada saat penerapan metode iqro’ ini. Hambatan tersebut seperti tidak semua anak bergairah dalam belajarnya, masih ada anak yang sulit untuk diajak mengucapkan huruf hijiayah ketika proses pengenalan huruf hijaiyah, kurang fokusnya anak dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode iqro,mengenalkan,huruf hijaiyah
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Maira Ulfa
Date Deposited: 05 Nov 2022 05:35
Last Modified: 05 Nov 2022 05:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
ulfamasyhur@gmail.com
Thesis advisor
Amreta, Midya Yuli
midyaamreta2@gmail.com
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item
View Item