ULFA, MARIA (2022) PENERAPAN METODE IQRO DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MUBAROKATUL IMAN DESA KATUR KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdhlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (39kB)
AWALAN.pdf
Download (756kB)
BAB I.pdf
Download (421kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (209kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (262kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB) | Request a copy
Abstract
Pada dasarnya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam pembelajaran bahasa khususnya di Raudhatul Athfal Mubarokatul Iman masih dijumpai berbagai masalah yaitu keterbatasan pengenalan huruf hijaiyah yang diketahui anak, ada juga beberapa anak yang belum mengetahui atau hafal huruf hijaiyah, yang artinya masih banyak anak yang kurang tertarik dengan pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah, sehingga anak tidak dapat memahami kata atau pelafalan huruf hijaiyah yang kurang maksimal.Untuk mengetahui penerapan metode iqro dalam mengenal huruf Hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di RA Mubarokatul Iman Desa Katur Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui apa itu metode iqro dalam mengenal huruf Hijaiyah pada anakusia 4-5 tahun di RA Mubarokatul Iman Desa Katur Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif merupakan penelitian yang menjawab pertanyaan Bagaimana dengan penjelasan yang lebih terperinci mengenai gejala yang dimaksudkan dalam suatu permsalahan penelitian yang bersangkutan. Selain itu pengertian deskriptif adalah upaya menginterprestasikan kondisi yang terjadi dengan tujuan memperoleh informasi mengenai objek penelitian.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, di RA Mubarokatul Iman yang mencakup perencanaan pembelajaran penerapan metode iqro’ dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun, acuan pembelajaran yang digunakan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran adalah dalam bentuk RKH (Rencana Kegiatan Harian) dengan menggunakan indicator, proses belajar yang menyenangkan membuat anak tidak cepat bosan, ruang kelas yang sesuai dengan jumlah anak hal ini tentu akan mendukung proses belajar mengajar, terdapat komunikasi yang cukup efektif antara anak dengan guru serta media apapun huruf hijaiyah juga dapat mendukung dalam meningkatkan kemampuan anak menerima pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah di RA Mubarokatul Iman, proses kegiatan belajar tedapat hambatan-hambatan pada saat penerapan metode iqro’ ini. Hambatan tersebut seperti tidak semua anak bergairah dalam belajarnya, masih ada anak yang sulit untuk diajak mengucapkan huruf hijiayah ketika proses pengenalan huruf hijaiyah, kurang fokusnya anak dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan metode iqro,mengenalkan,huruf hijaiyah |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Maira Ulfa |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 05:35 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 05:35 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ulfa, Ulfa ulfamasyhur@gmail.com Thesis advisor Amreta, Midya Yuli midyaamreta2@gmail.com |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2228 |