PENGENALAN HURUF ABJAD PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN PERMAINAN PASIR KINETIK DI TK MEKAR SARI DESA KEDUNGSARI

NOVRITA, LENY DWI (2022) PENGENALAN HURUF ABJAD PADA ANAK KELOMPOK A MELALUI KEGIATAN PERMAINAN PASIR KINETIK DI TK MEKAR SARI DESA KEDUNGSARI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 2. AWALAN (2).pdf] Text
2. AWALAN (2).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 8. DAPUS.pdf] Text
8. DAPUS.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Upaya mengenalkan huruf kepada anak usia dini sering kali mendapatkan berbagai hambatan. Metode yang digunakan seringkali membosankan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil belajar melalui kegiatan permainan pasir kinetik untuk meningkatkan hasil belajar aspek pengembangan berbahasa anak khususnya dalam mengenal huruf di kelompok A TK Mekar Sari Desa Kedungsari. Setting penelitiannya adalah dengan subjek penelitian seluruh anak kelompok A TK Mekar Sari Desa Kedungsari. Metode penelitian ini menguunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam pembelajaran mengenal huruf di kelompok A TK Mekar Sari Desa Kedungsari Kecamatan Temayang. Cara pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru sangat baik, Aktivitas anak sangat aktif, Hasil kemampuan belajar anak dapat dikategorikan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar anak di kelompok A TK Mekar Sari Desa Kedungsari Kecamatan Temayang dengan materi pokok mengenal huruf melalui kegiatan permainan pasir kinetik dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam mengenalkan huruf abjad.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Huruf, Kelompok A, Permainan Pasir Kinetik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Leny dwi novrita
Date Deposited: 05 Nov 2022 05:26
Last Modified: 05 Nov 2022 05:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
PUSPITASARI, ENDANG
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item
View Item