NI'MAH, DURROTUN (2022) PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MI NURUL ULUM KARAKTER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (340kB)
AWALAN.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (845kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi peserta didik (kognitif, fisik, emosi-sosial, kreativitas, dan spiritual). Bagaimana dunia pendidikan dasar mampu menyemai tunas-tunas Pancasila melalui pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Profil Pelajar Pancasila merupakan hakikat pendidikan di Indonesia yang akan mempersiapkan karakter dan watak peserta didik menjadi pribadi yang mumpuni pada masa depan pada abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi untuk mendeskripsikan tentang subjek yang diteliti, wawancara dengan jumlah 9 narasumber, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Proses pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan profil pelajar pancasila di MI Nurul Ulum Karakter Bojonegoro menggunakan berbagai cara yaitu kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, esktrakurikuler, dan yang lebih diutamakan adalah pada pembiasaan Madrasah. (2) Faktor pendukung dari seluruh kegiatan yaitu dari pengurus yayasan yang selalu mendukung semua kegiatan yang dilakukan MI Nurul Ulum Karakter Bojonegoro, dan dari wali murid, tanpa bantuan kerja sama yang baik semua program-program yang telah berjalan di Madrasah tidak akan berjalan dengan maksimal. Penghambat dari program ini dikarenakan belum maksimalnya sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, dan kurangnya perhatian wali murid terhadap penerapan program-program di madrasah ketika peserta didik berada dirumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | DURROTUN NI'MAH |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 04:35 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 04:35 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SA'DIYAH, ZUMROTUS UNSPECIFIED Thesis advisor YULYA, NURUL MAHRUZAH UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2224 |