PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MI NURUL ULUM KARAKTER BOJONEGORO

NI'MAH, DURROTUN (2022) PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MI NURUL ULUM KARAKTER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi peserta didik (kognitif, fisik, emosi-sosial, kreativitas, dan spiritual). Bagaimana dunia pendidikan dasar mampu menyemai tunas-tunas Pancasila melalui pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Profil Pelajar Pancasila merupakan hakikat pendidikan di Indonesia yang akan mempersiapkan karakter dan watak peserta didik menjadi pribadi yang mumpuni pada masa depan pada abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi untuk mendeskripsikan tentang subjek yang diteliti, wawancara dengan jumlah 9 narasumber, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Proses pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan profil pelajar pancasila di MI Nurul Ulum Karakter Bojonegoro menggunakan berbagai cara yaitu kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, esktrakurikuler, dan yang lebih diutamakan adalah pada pembiasaan Madrasah. (2) Faktor pendukung dari seluruh kegiatan yaitu dari pengurus yayasan yang selalu mendukung semua kegiatan yang dilakukan MI Nurul Ulum Karakter Bojonegoro, dan dari wali murid, tanpa bantuan kerja sama yang baik semua program-program yang telah berjalan di Madrasah tidak akan berjalan dengan maksimal. Penghambat dari program ini dikarenakan belum maksimalnya sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, dan kurangnya perhatian wali murid terhadap penerapan program-program di madrasah ketika peserta didik berada dirumah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DURROTUN NI'MAH
Date Deposited: 05 Nov 2022 04:35
Last Modified: 05 Nov 2022 04:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA'DIYAH, ZUMROTUS
UNSPECIFIED
Thesis advisor
YULYA, NURUL MAHRUZAH
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2224

Actions (login required)

View Item
View Item