AFIDAH, LINATUL (2019) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA POHON ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A RAUDHATUL ATHFAL (RA) MIFTAHUL HUDA LENGKONG BALEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (56kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (917kB)
BAB I.pdf
Download (487kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (364kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (193kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada saat manusia sedang berfikir. Salah satu media yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1 sampai 10 adalah media pohon angka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media pohon angka pada anak kelompok A RA Miftahul Huda Lengkong Balen Bojonegoro.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif deskripsif. Subjek penelitian ini adalah 19 anak Kelompok A Raudhatul Athfal (RA) Miftahul Huda Lengkong, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dengan mempergunakan media pohon angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak Kelompok A di Raudhatul Athfal (RA) Miftahul Huda Lengkong Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan media pohon angka. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi awal hanya terdapat 11 anak yang mampu menyebutkan urutan angka 1-10, 8 anak mampu mengenal angka 1-10, 8 anak mampu menebalkan angka 1-10, dan 5 anak mampu menulis angka 1-10. Setelah diadakan penelitian tahap I meningkat menjadi 12 anak yang mampu menyebutkan urutan angka 1-10, 10 anak mampu mengenal angka 1-10, 10 anak mampu menebalkan angka 1-10, dan 7 anak mampu menulis angka 1-10. Dilanjutkan ketahap II meningkat menjadi 15 anak yang mampu menyebutkan urutan angka 1-10, 13 anak mampu mengenal angka 1-10, 13 anak mampu menebalkan angka 1-10, dan 12 anak mampu menulis angka 1-10.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Media Pohon Angka, Mengenal Angka |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 01:04 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 01:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fikri, M. Tsaqibul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/222 |