Efektivitas Metode Yahqi untuk hafalan hadits dan juz aama pada program pendidikan akselerasi PGTPQ dipondok pesantten manbaul Huda Banjararum Rengel Tahun ajaran 2021/2022

NIHAYATULALI, NIHAYATULALI (2022) Efektivitas Metode Yahqi untuk hafalan hadits dan juz aama pada program pendidikan akselerasi PGTPQ dipondok pesantten manbaul Huda Banjararum Rengel Tahun ajaran 2021/2022. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an dan hadits merupakan sumber hukum umat Islam, hadits sangat berperan penting yaitu menjabarkan dalil dalam Al-Qur’an yang kurang jelas, menetapkan hukum yang tidak dijelaskan dalam Al-Qur’an, dan menegaskan hukum didalam Al-Qur’an. Usaha yang dapat diwujudkan untuk menjaga dasar hukum umat Islam adalah hifdzul hadits dan hifdzul Qur’an (menghafal hadits dan menghafal qur’an). Dalam menghafal hadits dan alqur’an biasanya metode pembelajaran yang diterapkan terkesan monoton, Banyak guru Taman Pendidikan Al-Qur’an yang mengajarkan hafalan mereka memasukkan materi pembiasaan/ berbaris dengan cara membaca berulang-ulang setiap hari, dengan menggunakan metode sorogan dan muroja’ah untuk menghafal. Dengan menggunakan metode ini berdasarkan observasi, anak lebih senang berbincang sendiri sedangkan guru membibimbing hafalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode deskriptif kuantitatif (descriptive research) dengan jumlah sampel 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji normalitas dan linieritas, uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya Ada pengaruh Metode Yahqi Untuk Hafalan Hadits Dan Juz ‘Amma Pada Program Pendidikan Akselerasi PGTPQ Di Pondok Pesantren Manbaul Huda Banjararum Rengel, H1 yaitu : “Ada pengaruh Metode Yahqi Untuk Hafalan Hadits Dan Juz ‘Amma Pada Program Pendidikan Akselerasi PGTPQ Di Pondok Pesantren Manbaul Huda Banjararum Rengel Tahun Ajaran 2021/2022’’ diterima. Berdasarkan uji Uji T dan Uji F dapat dihasilkan bahwa metode yahqi untuk hafalan hadits dan juzamma berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Yahqi, Hafalan Hadist dan Juzamma.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Niha Laili
Date Deposited: 04 Nov 2022 05:31
Last Modified: 04 Nov 2022 08:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Roin, Usman
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item
View Item