NIHAYATULALI, NIHAYATULALI (2022) Efektivitas Metode Yahqi untuk hafalan hadits dan juz aama pada program pendidikan akselerasi PGTPQ dipondok pesantten manbaul Huda Banjararum Rengel Tahun ajaran 2021/2022. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (516kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (654kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (804kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (774kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (515kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (611kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Al-Qur’an dan hadits merupakan sumber hukum umat Islam, hadits sangat berperan penting yaitu menjabarkan dalil dalam Al-Qur’an yang kurang jelas, menetapkan hukum yang tidak dijelaskan dalam Al-Qur’an, dan menegaskan hukum didalam Al-Qur’an. Usaha yang dapat diwujudkan untuk menjaga dasar hukum umat Islam adalah hifdzul hadits dan hifdzul Qur’an (menghafal hadits dan menghafal qur’an). Dalam menghafal hadits dan alqur’an biasanya metode pembelajaran yang diterapkan terkesan monoton, Banyak guru Taman Pendidikan Al-Qur’an yang mengajarkan hafalan mereka memasukkan materi pembiasaan/ berbaris dengan cara membaca berulang-ulang setiap hari, dengan menggunakan metode sorogan dan muroja’ah untuk menghafal. Dengan menggunakan metode ini berdasarkan observasi, anak lebih senang berbincang sendiri sedangkan guru membibimbing hafalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode deskriptif kuantitatif (descriptive research) dengan jumlah sampel 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji normalitas dan linieritas, uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya Ada pengaruh Metode Yahqi Untuk Hafalan Hadits Dan Juz ‘Amma Pada Program Pendidikan Akselerasi PGTPQ Di Pondok Pesantren Manbaul Huda Banjararum Rengel, H1 yaitu : “Ada pengaruh Metode Yahqi Untuk Hafalan Hadits Dan Juz ‘Amma Pada Program Pendidikan Akselerasi PGTPQ Di Pondok Pesantren Manbaul Huda Banjararum Rengel Tahun Ajaran 2021/2022’’ diterima. Berdasarkan uji Uji T dan Uji F dapat dihasilkan bahwa metode yahqi untuk hafalan hadits dan juzamma berpengaruh secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Yahqi, Hafalan Hadist dan Juzamma. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Niha Laili |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 05:31 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 08:27 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Nihayah, Hamidatun UNSPECIFIED Thesis advisor Roin, Usman UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2182 |