ZAHRO’, MUHIMATUZ (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR BAHASA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA POKOK BAHASAN UNGGAH-UNGGUH DI SDN GADING 1 TAMBAKREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (370kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (963kB)
BAB I.pdf
Download (257kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (361kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (211kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (683kB) | Request a copy
Abstract
Media pemebelajaran kartu pintar Bahasa Jawa merupakan media
pembelajaran yang dirancang untuk siswa guna memepermudah pemahaman
unggah-ungguh Bahasa Jawa. Adanya perbedaan penggunaan kata yang
digunakan ketika berkomunikasi, menyulitkan siswa dalam pemilihan kosa kata
yang harus digunakan dalam menulis karangan sesuai kaidah Bahasa Jawa. maka
perlunya media pemeblajaran yang mampu mempermudah siswa dalam
membedakan penggunaan kata sesuai kaidah Bahasa Jawa.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah
yang meliputi : (1 Mengetahui media pembelajaran kartu pintar, (2) Mengetahui
aktivitas guru dan siswa kelas 3 SDN Gading 1 dalam menggunakan kartu pintar
Bahasa Jawa. (3) Mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu pintar Bahasa
Jawa terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggahungguh
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi langkahlangkah
pembelajaran dan tes dalam bentuk multiple choice dan uraian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran kartu pintar
merupakan media dua dimensi yang berisi tentang kosa kata Bahasa Jawa. (2)
langkah-langkah pembelajaran mampu diterima dengan baik hal ini dibuktikan
dengan adanya prosentasi observasi sebesar88%. (3) Terdapat pengaruh hasil
belajar mata pelajaran Bahasa Jawa pokok bahasan unggah-ungguh, berdasarkan
hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05
dan derajat kebebasan df = 20 + 21 – 2 = 39 diperoleh t = (α) =
1.684. Maka thitung ≥ tabel atau 3,6 ≥ 1.684 artinya Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, media pemeblajaran kartu pintar Bahasa Jawa, hasil belajar, unggah-ungguh. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 00:06 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 00:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor V, Firda Zakiyatur UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/218 |