PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATERI MATRIKS MENGGUNAKAN CANVA

RATNASARI, NANDANI NUR (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL MATERI MATRIKS MENGGUNAKAN CANVA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Dapus.pdf] Text
Dapus.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar modul merupakan salah satu perangkat penting dalam pembelajaran di dalam kelas, secara online maupun belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul cetak dan digital dengan menggunakan aplikasi canva pada materi matriks. Pengembangan modul memperhatikan respon guru, peserta didik dan validator terhadap materi, bahasa dan desain serta penggunaan modul. Metode pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh sugiono meliputi 6 tahap yaitu: (1) pengumpulan informasi awal, (2) Perencaaan, (3) pengembangan produk awal, (4) Uji coba awal, (5) Revisi produk, (6) Uji coba lapangan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa nilai kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,8 dengan kriteria sangat layak, dan nilai kelayakan oleh ahli media dengan skor rata-rata 3,7 dengan nilai kriteria sangat layak, dan nilai kelayakan oleh ahli bahasa dengan skor rata-rata 3,2 dengan kriteria layak. Respon peserta didik pada uji coba lapangan sangat menarik dengan pencapaian skor rata-rata 3,625 dan prosentase 90,62%, hal ini menunjukkan bahwa modul matematika materi matriks dengan menggunakan aplikasi canva yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap sangat layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi matriks.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul ajar, Canva, E-Modul, Matriks
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nandani Nur Ratnasari
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:06
Last Modified: 04 Nov 2022 02:06
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Cindarbumi, Festian
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item
View Item