IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ DENGAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENGHAFAL JUZ AMMA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) RADEN FATAH MOJOREJO NGRAHO BOJONEGORO

KHOIRIYAH, MAFTULHATUL (2019) IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ DENGAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENGHAFAL JUZ AMMA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) RADEN FATAH MOJOREJO NGRAHO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi metode tahfidz dengan media kartu angka merupakan penerapan cara belajar dengan bantuan media kartu angka untuk menumbuhkan semangat belajar pada siswa MI Raden Fatah Mojorejo Ngraho Bojonegoro, sehingga siswa mampu memenuhi standar pembelajaran menghafal juz Amma pada Madrasah ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi : (1) Bagaimanakah implmentasi metode tahfidz dengan media kartu angka untuk menghafal juz Amma siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). (2) Bagaimana hafalan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) menggunakan metode tahfidz dengan media angka untuk menghafal juz amma. (3) Apa saja kendala dan solusi implmntasi metode tahfidz dengan media kartu angka pada siswa Madrasah Ibtidsaiyah (MI) Raden Fatah Mojorejo Ngraho Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjang keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, trianguasi dengan berbagai sumber, teknik, dan teori dan pengecekan sejawat. Informan peneliti yaitu Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI), bapak Ibu guru dan ibu wali kelas V.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasin metode tahfidz dengan media kartu angka untuk menghafal juz amma di MI tergolong baik karena terpenuhinnya dari dua indikator yang ditentukan. (2) Hafalan juz amma siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raden Fatah Mojorejo Ngraho Bojonegoro tergolong sangat baik karena terpenuhinnya atas 3 Indikator yang telah ditentukan. (3) kendala yang dihadapi adanya siswa yang belum bisa membaca huruf arab, kelas identik dengan ramai menghafal, malas muroja’ah dan Sulitnya menghafal. Adapun solusinya yaitu siswa mendengarkan dengan lebih seksama, dipandu oleh gurunya dengan serempak, untuk siswa yang mempunyai IQ rendah dalam menghafal diberi bimbingan atau tmbahan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode tahfidz, Kartu angka
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 17 Nov 2021 23:27
Last Modified: 17 Nov 2021 23:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Maa’rif, M Jauharul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item
View Item