NADHIROH, SITI ULFATUN (2022) PERKEMBANGAN LITERASI MEMBACA DENGAN MEDIA BIG BOOK DWIBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL ISLAM TULUNGAGUNG KECAMATAN MALO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover .pdf
Download (244kB)
awalan .pdf
Download (4MB)
BAB 1.pdf
Download (707kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (704kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (562kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (709kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (378kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (583kB)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah pondasi awal yang akan mempengaruhi ke jenjang pendidikan berikutnya, Masa usia dini atau di sebut dengan golden age adalah suatu masa keemasan dimana aspek perkembangan anak berkembang dengan pesat. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini adalah perkembangan bahasa. Penelitian ini dilakukan di karenakan kondisi di lapangan menunjukkan beberapa siswa yang mengalami kendala dalam membaca, khususnya membaca permulaan pada anak usia dini. Beberapa karakteristiknya adalah anak masih kesulitan dalam mengenal huruf dan bentuk huruf saat anak membaca karena kemampuan anak dalam membaca kurang efektif dan belum dapat dioptimalkan sesuai kemampuan membaca awal anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana perkembangan Literasi Membaca pada anak usia 5-6 tahun dengan Media Big Book dwibahasa untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan sampel 20 anak. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi dan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lembaga RA Al Islam mendapatkan hasil sebagai berikut: (1) Anak usia 5-6 tahun di RA Al Islam tertarik dengan buku bacaan khususnya yang bergambar karena menarik bagi anak. (2) Anak usia 5-6 RA Al Islam tahun mampu membaca dengan lancar dan Anak mampu menyebutkan kata dalam bahasa inggris dan Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Literasi membaca, kemampuan berbahasa anak |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email 20185501480229@kelasonline.unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 05:14 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 19:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KUSNA, SITI LABIBA UNSPECIFIED Thesis advisor FIKRI, M. TSAQIBUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2132 |