Astutik, Betty Yuni (2019) PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEMESTER 2 MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ULUM SUKOREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (111kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (317kB)
BAB I.pdf
Download (187kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (13kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Terdapat berbagai macam permainan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, salah satunya adalah permainan ular tangga. Permainan ini dirasa mudah dilaksanakan, murah dan mempunyai relevansi dengan materi pembelajaran.
Tujuan penelitian yang ingin penulis capai antara lain: Untuk mengetahui permainan ular tangga di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap prestasi belajar mata pelajaran tematik.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yaitu suatu metode yang berkaitan dengan angka-angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menggambarkan tentang suatu keadaan atau peristiwa. Dalam hal ini yang digambarkan adalah pelaksanaan permainan ular tangga terhadap prestasi belajar mata pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Permainan ular tangga pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro sangat jarang digunakan, sehingga siswa kesulitan dalam memainkannya. Namun, berkat bimbingan guru, permainan ular tangga dapat berjalan dengan baik dan lancar. Prestasi belajar mata pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro, sebelum digunakan permainan ular tangga, banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Namun setelah digunakan permainan ular tangga prestasi belajarnya mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan ternyata terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara permainan ular tangga terhadap prestasi belajar mata pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan perhitungan pengaruh permainan ular tangga terhadap prestasi belajar mata pelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro adalah sebesar 0,563, ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara permainan ular tangga terhadap prestasi belajar mata pelajaran tematik
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Additional Information: | permainan ular tangga, prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 16:05 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 16:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Zumrotus, Sa’diyah, UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/213 |