PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI WUJUD DAN SIFAT BENDA TERHADAP BASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH JUMPUT KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO

Mulyani, Sri (2019) PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI WUJUD DAN SIFAT BENDA TERHADAP BASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH JUMPUT KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (977kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Metode eksperimen mempakan metode mengajar yang dalam penyajian atau
pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu mengamati
secara proses. MI Salafiyah mempakan salah satu lembaga pendidikan ma'arif
yang ada di Desa Jumput yang mempunyai keunggulan bidang agama dan bidang
umum.
Penelitian ini beitujuan untuk mengetahui pengamh penggunaan metode
eksperimen pada pembelajaran IP A materi wujud dan sifat benda terhadap hasil
belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Jumput, dengan fokus masalah adakah
pengaruh metode eksperimen pada pembelajaran IP A materi wujud dan sifat
benda terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Jumput.
Penelitian ini mempakan penelitian kuantitatif, yang di lakukan trhadap 10 siwa
kelas IV MI Salafiyah Jumput. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik
observasi, Interviw/ wawancara, dokumentasi dan ai1gket. Tenik ai1alisis data
meliputi Pengolahan data dan analisis data.
Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikai1 antai·a hasil belajai·
siswa kelas IV MI Salafiyah Jumput dengan menggunkan metode eksperimen.
Hipotesis statistik yang diuji dalam penelitian ini adalah:
Ho : tidak ada pengaruh yang signifikan hasil belajar dengai1 menggunakai1
metode eksperimen
Ha : ada ada pengaruh yang signifikan hasil belajar dengai1 menggunakai1 metode
eksperimen
Apabila nilai t hitung lebih besar dari t tabel, atau nilai signifikai1si lebih kecil
0,05, maka Ha diterima, yang artinya ada ada pengai·uh yai1g signifikai1 hasil
belajar dengan menggunakan metode eksperimen . Sebaliknya, jika nilai t hitung
lebih kecil dari t tabel, atau nilai signifikansi lebih besai· 0,05, maka Ha ditolak
dan Ho diterima, yang aiiinya tidak ada pengamh yang signifikan hasil belajai·
dengan menggunakan metode eksperimen. Berdasai·ka11 ai1alisis dai1 interprestasi
data bahwa N = 10 pada taraf signifikan 5% Ii= 0,632, r = 0,813. Dimai1a It < r
yaitu Ii lebih kecil dari r hitung Dengan demikian dapat disimpulkai1 bahwa
terdapat pengarnh metode eksperimen pada pembelajai·a11 IP A materi wujud dai1
sifat benda terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI SalafiyahJumput.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, pembelajaran IPA, hasil belajaR
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 16 Nov 2021 16:36
Last Modified: 16 Nov 2021 16:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sa'diyah, Zumrotus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item
View Item