Mulyani, Sri (2019) PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI WUJUD DAN SIFAT BENDA TERHADAP BASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH JUMPUT KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (977kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (626kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Metode eksperimen mempakan metode mengajar yang dalam penyajian atau
pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu mengamati
secara proses. MI Salafiyah mempakan salah satu lembaga pendidikan ma'arif
yang ada di Desa Jumput yang mempunyai keunggulan bidang agama dan bidang
umum.
Penelitian ini beitujuan untuk mengetahui pengamh penggunaan metode
eksperimen pada pembelajaran IP A materi wujud dan sifat benda terhadap hasil
belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Jumput, dengan fokus masalah adakah
pengaruh metode eksperimen pada pembelajaran IP A materi wujud dan sifat
benda terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Jumput.
Penelitian ini mempakan penelitian kuantitatif, yang di lakukan trhadap 10 siwa
kelas IV MI Salafiyah Jumput. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik
observasi, Interviw/ wawancara, dokumentasi dan ai1gket. Tenik ai1alisis data
meliputi Pengolahan data dan analisis data.
Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikai1 antai·a hasil belajai·
siswa kelas IV MI Salafiyah Jumput dengan menggunkan metode eksperimen.
Hipotesis statistik yang diuji dalam penelitian ini adalah:
Ho : tidak ada pengaruh yang signifikan hasil belajar dengai1 menggunakai1
metode eksperimen
Ha : ada ada pengaruh yang signifikan hasil belajar dengai1 menggunakai1 metode
eksperimen
Apabila nilai t hitung lebih besar dari t tabel, atau nilai signifikai1si lebih kecil
0,05, maka Ha diterima, yang artinya ada ada pengai·uh yai1g signifikai1 hasil
belajar dengan menggunakan metode eksperimen . Sebaliknya, jika nilai t hitung
lebih kecil dari t tabel, atau nilai signifikansi lebih besai· 0,05, maka Ha ditolak
dan Ho diterima, yang aiiinya tidak ada pengamh yang signifikan hasil belajai·
dengan menggunakan metode eksperimen. Berdasai·ka11 ai1alisis dai1 interprestasi
data bahwa N = 10 pada taraf signifikan 5% Ii= 0,632, r = 0,813. Dimai1a It < r
yaitu Ii lebih kecil dari r hitung Dengan demikian dapat disimpulkai1 bahwa
terdapat pengarnh metode eksperimen pada pembelajai·a11 IP A materi wujud dai1
sifat benda terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI SalafiyahJumput.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode eksperimen, pembelajaran IPA, hasil belajaR |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 16:36 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 16:36 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sa'diyah, Zumrotus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/211 |