Hidayat, Mukhammad Rizal Nur (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MA SALAFIYAH JATIROGO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (1MB)
Awalan.pdf
Download (7MB)
BAB I.pdf
Download (4MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (744kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (864kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pada zaman seperti sekarang ini, pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikanyang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter denganpendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruhdimensi anak. Tujuan penelitian ini sebagai berikut 1) Untuk mengetahui pembelajaran Akidah Akhlak di MA Salafiyah Jatirogo Tuban, 2) Untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa di MA Salafiyah Jatirogo Tuban, 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan nilai kedisiplinan siswa di MA Salafiyah Jatirogo Tuban. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Salafiyah jatirogo Kabupaten Tuban. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, Guru dan Siswa di MA Salafiyah Jatirogo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarakan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajran akidah akhlak di MA Salafiyah Jatirogo Tuban sudah mencapai ketuntasan minimal atau tuntas untuk seluruh siswa dan sebagaian besar mencapai kompetensi yang sangat baik. Selain Pengamalan nilai kedisiplinan anak di MA Salafiyah Jatirogo Tuban sudah sangat baik. Hal ini tampak dalam keseharian mereka yang terlihat senantiasa melakukan peraturan sekolah dengan tanpa paksaan. Hal ini tampak dari cara mereka berpakian, berperilaku juga saat pembelajran. Sementara itu berdasarkan hasil uji hipotesis dengan analisis regresi linier sederahana di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran PAI terhadap Pengamalan Nilai Kedisiplinan siswa di MA Salafiyah Jatirogo Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Akidah Akhlak ,Kedisiplinan belajar. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd MUKHAMMAD RIZAL NUR HIDAYAT |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 09:56 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 09:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma'arif, Jauharul UNSPECIFIED Thesis advisor Mamlu’ah, Aya UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2106 |