ROHMAN, MOHAMMAD SHOBIBUR (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART CIRCUIT ELECTRONIC PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN MEDALEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (191kB)
AWALAN.pdf
Download (717kB)
BAB 1.pdf
Download (290kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (162kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (252kB)
Abstract
Kurangnya suatu media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran IPA di MI Kelas V. Terbukti bahwa media yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA di MI Kelas V menggunakan media ceramah yang cenderung monoton dan membosankan bagi siswa, sehingga penerapan media pembelajaran Smart Circuit Electronic mata pelajaran IPA perlu diterapkan di MI Kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan dan validasi media pembelajaran Smart Circuit Electronic sebagai media pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia, sistem pernapasan manusia dan sistem pencernaan manusia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Muta’allimin Medalem Senori Tuban. Ditinjau dari jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu yang telah diuji keefektifanya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Born and Gall yang terdiri dari 7 tahapan yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran Smart Circuit Electronic. Penelitian pengembangan media pembelajaran Smart Circuit Electronic ini di validasi oleh dua pakar ahli yang pertama rata-rata penilaian validator ahli media didapatkan skor persentase kelayakan 70%, sehingga penilaian yang dicapai validator ahli materi mendapatkan kategori “layak”. Sedangkan rata-rata penilaian validator ahli materi didapatkan skor persentase kelayakan 79%, sehingga penilaian yang dicapai validator ahli materi mendapatkan kategori “layak”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Smart Circuit Electronic. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 502 Aneka ragam tentang ilmu pengetahuan alam 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohammad Shobibur Rohman |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 09:03 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 09:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor HABIBULLAH, MUHAMMAD ROMADLON UNSPECIFIED Thesis advisor SUTTRISNO, SUTTRISNO UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2104 |