DIZA, ATIKA FARA (2019) IMPLEMENTASI CLASSROOM MANAGEMENT DI MI NURUL ULUM UNGGULAN SUKOREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (16kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (465kB)
BAB I.pdf
Download (358kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (138kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17MB) | Request a copy
Abstract
Classroom management merupakan kegiatan yang diupaya oleh guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan berkualitas bagi peserta didik. Sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efisien. MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro termasuk sekolah favorit di kota Bojonegoro. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah siswa baru yang selalu bertambah setiap tahunnya. Di tahun 2004 LP. Ma’arif Wilayah Jawa Timur membuat program sekolah unggulan untuk seluruh wilayah Jawa Timur. MI Nurul Ulum menjadi sekolah yang mewakili Bojonegoro. Selain itu MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro merupakan sekolahan dengan pengelolaan kelas yang bagus, dilihat dari suasana pembelajaran, penggunaan media dan metode pembelajaran, juga ketrampilan dari guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan imlementasi classroom management, dengan sub fokus menciptakan iklim belajar yang tepat, mengatur ruang belajar, dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar. Mendeskripsikan hambatan dalam classroom management, dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut di MI Nurul Ulum Unggulan Sukorejo Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, verivikasi dan penegasan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wali kelas, dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memberikan semangat pada siswa, guru menggunakan media dan metode pembelajaran yang bervariasi. Tempat duduk yang ada di sekolah sudah layak dan sesuai dengan siswa dan guru merubah format atau posisi tempat duduk siswa secara berkala. Guru membuka pembelajaran dengan berdoa dan mengakhiri pembelajaran dengan menyimpulkan materi yang telah dipelajarai. Untuk memberikan penguatan kepada siswa guru memberikan reward di setiap tugas atau bagi siswa yang mentaati peraturan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Classroom management |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 13 Nov 2021 21:20 |
Last Modified: | 13 Nov 2021 21:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rofi’ah, Firda Zakiatur UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/192 |