MUTHOHAROH, LAILATUL (2019) IMPLEMENTASI MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMBUNG HURUF HIJAIYAH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH ALMAKMUR, MAYANGREJO, KALITIDU, BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (89kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (777kB)
BAB I.pdf
Download (234kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (434kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (148kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran penyambungan huruf hijaiyah di MI Al-Makmur Mayangrejo. Dalam proses pembelajaran, guru hanya memberikan materi-materi tentang huruf hijaiyah tanpa melibatkan siswa supaya aktif dalam pembelajaran, guru juga tidak menggunakan media pembelajaran ketika menyampaikan pembelajaran, sehingga siswa cepat bosen dan tidak bersemangat.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar penyambungan huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan media kartu.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 87,5%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 69,23% dan siklus II sebesar 91,82%, serta adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,5% dan siklus II 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi penyambungan huruf hijaiyah dapat diajarakan menggunakan media kartu.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, penyambungan huruf hijaiyah, media kartu |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 13 Nov 2021 20:55 |
Last Modified: | 13 Nov 2021 20:55 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Imamah, Habibatul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/190 |