IMPLEMENTASI MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMBUNG HURUF HIJAIYAH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH ALMAKMUR, MAYANGREJO, KALITIDU, BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018-2019

MUTHOHAROH, LAILATUL (2019) IMPLEMENTASI MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMBUNG HURUF HIJAIYAH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH ALMAKMUR, MAYANGREJO, KALITIDU, BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (777kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran penyambungan huruf hijaiyah di MI Al-Makmur Mayangrejo. Dalam proses pembelajaran, guru hanya memberikan materi-materi tentang huruf hijaiyah tanpa melibatkan siswa supaya aktif dalam pembelajaran, guru juga tidak menggunakan media pembelajaran ketika menyampaikan pembelajaran, sehingga siswa cepat bosen dan tidak bersemangat.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar penyambungan huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan media kartu.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 87,5%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 69,23% dan siklus II sebesar 91,82%, serta adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,5% dan siklus II 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi penyambungan huruf hijaiyah dapat diajarakan menggunakan media kartu.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, penyambungan huruf hijaiyah, media kartu
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 13 Nov 2021 20:55
Last Modified: 13 Nov 2021 20:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Imamah, Habibatul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item
View Item