PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN KEDUNGBONDO III

ISNAINI, NURIYAH NURUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SDN KEDUNGBONDO III. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (124kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (72kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran pendidikan agama Islam yang cenderung pasif dan monoton
membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar pendidikan agama Islam
di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran
kooperatif teknik kancing gemerincing. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran pendidikan agama Islam.
Pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dalam Pendidikan Agama Islam
merupakan suatu model pembelajaran yang khusus untuk memberikan dorongan kepada peserta
didik agar dapat bekerja sama, saling membantu selama proses belajar. Sedangkan belajar hasil
siswa merupakan nilai akhir yang diperoleh dari proses belajar Pendidikan Agama Islam untuk
materi pokok tertentu.
Untuk membuktikan kebenaran hipotesis secara empirik maka peneliti dalam penelitian
ini menggunakan penelitian kuantitatif berbentuk angket dan tes. Dalam penelitian ini,
pertemuan dilaksanakan selama tiga kali, yaitu dua kali pertemuan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif kancing gemerincing dan satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran
angket dan tes. Populasi penelitian adalah siswa siswi kelas V SDN kedungbondo III sebanyak
15 responden.
Hasil penelitian menunjukkan, rata-rata hasil belajar siswa setelah peneliti menerapkan
model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing sebesar 84,66 .sedangkan untuk hasil
analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment pengaruh model pembelajaran
kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa yakni 0,988. Dimana nilai
rxy > rt yaitu 0,988 > 0,514/0,641, maka hipotesis kerja diterima dan hipotesis nihil ditolak.
Artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar
siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V di SDN kedungbondo III.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Kancing Gemerincing dan Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 13 Nov 2021 20:42
Last Modified: 13 Nov 2021 20:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sa’diyah, Zumrotus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item
View Item