HAQ, ALDIANA NAZILUL (2022) ANALISIS BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD-DEPENDENT DAN FIELD-INDEPENDENT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (46kB)
Awalan.pdf
Download (858kB)
BAB I.pdf
Download (353kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (776kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (269kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (411kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
Abstract
Berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting yang mesti diajarkan kepada mahasiswa dalam pendidikan abad 21. Penyelesaian masalah pada matematika dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang dihasilkan akan bergantung pada gaya kognitif yang dimilikinya. Gaya kognitif sendiri sangat beragam, salah satunya yaitu gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2021, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Subjek penelitian terdiri dari satu mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) tinggi, satu mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) rendah, satu mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) tinggi, dan satu mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) rendah. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Group Embedded Figure Test (GEFT), Tes Masalah Matematika, pedoman wawancara, dan rubrik pengamatan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) rendah dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori cukup kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) rendah dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori tidak kreatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aldiana Nazilul Haq |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 01:49 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 01:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SARI, ASTRID CHANDRA UNSPECIFIED Thesis advisor KURNIAWATI, NANING UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1873 |