ANALISIS BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD-DEPENDENT DAN FIELD-INDEPENDENT

HAQ, ALDIANA NAZILUL (2022) ANALISIS BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD-DEPENDENT DAN FIELD-INDEPENDENT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (858kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting yang mesti diajarkan kepada mahasiswa dalam pendidikan abad 21. Penyelesaian masalah pada matematika dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang dihasilkan akan bergantung pada gaya kognitif yang dimilikinya. Gaya kognitif sendiri sangat beragam, salah satunya yaitu gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2021, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Subjek penelitian terdiri dari satu mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) tinggi, satu mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) rendah, satu mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) tinggi, dan satu mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) rendah. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Group Embedded Figure Test (GEFT), Tes Masalah Matematika, pedoman wawancara, dan rubrik pengamatan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field independent (FI) rendah dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori cukup kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) rendah dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk dalam kategori tidak kreatif.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aldiana Nazilul Haq
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:49
Last Modified: 27 Oct 2022 01:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SARI, ASTRID CHANDRA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
KURNIAWATI, NANING
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item
View Item