MODEL PEMBELAJARAN KITAB MABADI NAHWU KARYA KH. ABU DZARRIN DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM AL MUNIRI DANDER BOJONEGORO

HALIMI, SAIFUDDIN YUSUF (2022) MODEL PEMBELAJARAN KITAB MABADI NAHWU KARYA KH. ABU DZARRIN DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM AL MUNIRI DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pembelajaran nahwu menggunakan kitab Mabadi Nahwu karangan KH. Abu Dzarrin yang bertujuan agar mengetahui model yang digunakan dalam pembelajaran nahwu dan faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam proses pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Nurul Islam Al Muniri Dander Bojonegoro. Dengan hasil penelitian ini diharapkan menambah wawasan serta sebagai bahan pertimbangan oleh pendidik maupun lembaga dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai apa yang ditujukan khususnya dalam pembelajaran nahwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripitf kualitatif, dan alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara memberikan makna pada data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil diantaranya : sumber belajar berupa kitab yang digunakan dalam pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Nurul Islam Al Muniri Dander Bojonegoro adalah Mabadi Nahwu dan metode yang digunakan dalam penyampaian pelajaran adalah bersifat deduktif, yaitu suatu metode yang diawali dengan pemaparan isi nadzom kemudian diberi contoh dan juga memadukan dengan beberapa metode antara lain: metode lalaran, metode hafalan, metode aktivitas (takror), membaca dan menulis serta sebelum pembelajaran dimulai diawali dengan membaca niat belajar, membaca doa belajar dan membaca al fathihah dihadiahkan kepada mushonnif kitab serta para leluhur terdahulu. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran nahwu tersebut yaitu adanya kerjasama antara walisantri dengan pengajar, lingkungan belajar yang kondusif, sarana prasarana yang cukup memadai, serta motivasi ustadz atau pengajar. Sedangkan faktor penghambat antara lain perbedaan kemampuan santri dalam menerima pelajaran yang disampaikan, santri merasa lelah karena sudah mengikuti aktivitas dari pagi hingga malam hari dan kurangnya minat santri untuk belajar nahwu karena nahwu dirasa sulit untuk dipahami.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Nahwu, Pondok Pesantren
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saifuddin Yusuf Halimi
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:42
Last Modified: 27 Oct 2022 01:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Anwar, Saeful
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Usman, Roin
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item
View Item