ROHMAH, MUFIDA KHOLILUR (2022) KEEFEKTIFAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK AVERSI UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA MTs HIDAYATUL ISLAM TANJUNGHARJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (37kB)
awalan.pdf
Download (707kB)
bab 1.pdf
Download (442kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (966kB) | Request a copy
bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (674kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (417kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (420kB)
lampiran .pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Tanggung jawab belajar adalah suatu tugas atau kewajiban untuk melakukan atau menyelesaikan tugas dengan penuh kepuasan (yang di berikan oleh seseorang, atau atas janji atau komitmen sendiri) yang harus di penuhi seseorang dan memiliki konsekuen hukuman terhadap kegagalan. Tujuan dari penelitian ini mengujicoba produk panduan pelatihan teknik aversi untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Tanggung jawab belajar memiliki 6 indikator, diantaranya, (1) Melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan dalam belajar, (2) Selalu menunjukan ketekunan, kerajinan. Dan terus berusaha dalam belajar, (3) Selalu melakukan yang teraik untuk dirinya dan orang lain, (4) Selalu disiplin dan mengontrol diri dalam keadaan apapun saat belajar, (5) Selalu mengkaji, menelaah, dan berpikir sebelum bertindak, (6) mempertimbangkan dan memperhitungkan semua konsekuensi dari hasil belajar. Berdasarkan masalah di atas, perlu adanya sebuah penanganan yaitu dengan teknik aversi yang di anggap efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Tekni aversi Menurut kamus umum Bahasa Indonesia terapi adalah pengobatan penyakit. Sedangkan aversi adalah perasan tidak setuju disertai dengan dorongan untuk merubah tingkah laku diri atau menghindarinya. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif dengan desain tue eksperimen. Penelitian ini menggunakan Model desain Metode true eksperimen, penelitian ini berjumlah 24 siswa yang terbagi 12 kelompok eksperimen yang di berikan treatment selam 8 pertemuan dan 12 siswa kelompok control yang tetap melakukan kegiatan belajar konvesional. Berdasarkan hasil post test dari 24 siswa terdapat perbedaan yang signifikan dari 2 kelompok dengan rata-rata kelompok eksperimen 96,66% dan hasil rata-rata kelompok control 80,91%. Dari hasil post-test dapat ditarik kesimpulan bahwa panduan pelatihan tanggung jawab menggunakan teknik aversi efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah panduan pelatihan meningkatan tanggung jawab belajar dengan teknik aversi yang telah di lakukan di MTs Hidayatul Islam sangat berpengaruh dan dapat mengubah perilaku yang maladaptive ke perilaku yang adaptive, Dengan layanan bimbingan kelompok dapat memudahkan proses pelaksanaan teknik aversi untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa dengan efektif dan berjalan dengan lancar dan mendapat hasil sesuai yang di harapkan. Peneliti mengetahui hasil tersebut setelah pemberian post test yang telah di berikan setalah pelaksanaan treatment dan telah di lakukannya uji coba dengan menggunakan uji independent sample t-test.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab Belajar, Teknik Aversi. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Mufida Kholilur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 01:29 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 19:52 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi UNSPECIFIED Thesis advisor Srianturi, Yanuari UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1863 |