THOHIROH, MUHAIMINATUT (2019) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERINTEGERASI BRAIN GYM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL HUDA NGRINGINREJO KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (123kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (299kB)
ABSTRAK.pdf
Download (137kB)
BAB I.pdf
Download (323kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (463kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (609kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (212kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (953kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika setelah penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Team Assisted Inidividualization (TAI) Terintegerasi Brain Gym siswa kelas V MI Mambaul Huda Ngringinrejo, dan mengetahui pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Team Assisted Inidividualization (TAI) Terintegerasi Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Mambaul Huda Ngringinrejo. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas siswa MI Mambaul Huda Ngringinrejo yang terdiri atas 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 59 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas 5 dengan dipilih dengan menggunakan sample acak diperoleh sampel sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 13 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik Product Moment. Hasil penelitian berdasarkan SPSS 22 for windows memperoleh hasil Cronch’s Alpha sebesar 0,89 untuk hasil angket model cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) terintegrasi Brain Gym dikatakan sangat reliable sedangkan hasil 0,47 untuk hasil belajar dapat dikatakan cukup reliable diperoleh nilai sig sebesar 0,00 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat efektivitas Model Cooperatif Learning Tipe Team Assisted Inidividualization (TAI) terintegerasi Brain Gym dalam hasil belajar matematika kelas 5 MI Mambaul Huda. Setelah melakukan perhitungan product moment diketahui bahwa model cooperatif learning tipe Team Assisted Inidividualization (TAI) terintegerasi brain gym mempunyai pengaruh sebesar 73% terhadap hasil belajar matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperatif learning, Team Assisted Indivualization (TAI), brain gym, hasil belajar, matematika |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 13 Nov 2021 19:44 |
Last Modified: | 13 Nov 2021 19:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Imamah, Habibatul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/186 |