KHIKMIYAH, SITI AFIFATUN (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA MTS HIDAYATUL ISLAM TANJUNGHARJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (595kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (596kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (665kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (630kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (931kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (568kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (675kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Self esteem merupakan penilaian terhadap dirinya dalam kemampuan, keberhargaan dan kebermanfaatan, baik yang berada dalam diri individu tersebut positif maupun negative akan diekspresikan pada diri sendiri maupun lingkungan. Self Esteem mempunyai 9 indikator diantaranya, (1) menerima kepedulian orang lain, (2) memiliki pandangan positif terhadap diri sendiri, (3) mampu mengatur dan mengontrol tingkah laku diri sendiri, (4) dihormati orang lain, (5) memiliki pendapat yang diterima orang lain, (6) mampu menyelesaikan macam-macam tugas yang diberikan, (7) mampu menyelesaikan masalah sndiri, (8) mampu mengambil keputusan sendiri, (9) taat untuk mengikuti etika, norma atau standar moral yang harus dihindari dan harus dilakukan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode true exspermental dan menggunakan desain eksperimen posttes-only control design untuk mengetahui keefektifan panduan pelatihan self instruction untuk meningkatkan self esteem pada siswa. Dalam penelitian ini, dibentuk dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berjumlah 20 siswa yang terbagi masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa dan dipilih secara random. Selanjutnya kelompok eksperimen diberi perlakuan (X) dan kelompok kontrol tidak. Dalam penelitian ini pengaruh treatmen dianalisi dengan uji beda dengan menggunkan perhitungan statistic yaitu T-tes.Hasil post test kepada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berisi 33 butir soal yang valid.menunjukkan selisih rata-rata yang signifikan yaitu 14,32%. Pada kelompok eksperimen rata-rata hasil post test 84,77%, sedangkan pada kelompok kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70,45%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan teknik self instruction dapat meningkatkan self esteem yang rendah di MTs Hidayatul Islam Thanjungharjo. Dengan layanan bimbingan kelompok dapat memudahkan proses pelaksanaan teknik self instruction untuk meningkatkan self esteem belajar siswa dengan efektif dan berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Instruction,Self-Esteem |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Siti Afifatun Khikmiyah |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 08:50 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 08:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi UNSPECIFIED Thesis advisor Srianturi, Yanuari UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1859 |