KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA MTS HIDAYATUL ISLAM TANJUNGHARJO

KHIKMIYAH, SITI AFIFATUN (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA MTS HIDAYATUL ISLAM TANJUNGHARJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Self esteem merupakan penilaian terhadap dirinya dalam kemampuan, keberhargaan dan kebermanfaatan, baik yang berada dalam diri individu tersebut positif maupun negative akan diekspresikan pada diri sendiri maupun lingkungan. Self Esteem mempunyai 9 indikator diantaranya, (1) menerima kepedulian orang lain, (2) memiliki pandangan positif terhadap diri sendiri, (3) mampu mengatur dan mengontrol tingkah laku diri sendiri, (4) dihormati orang lain, (5) memiliki pendapat yang diterima orang lain, (6) mampu menyelesaikan macam-macam tugas yang diberikan, (7) mampu menyelesaikan masalah sndiri, (8) mampu mengambil keputusan sendiri, (9) taat untuk mengikuti etika, norma atau standar moral yang harus dihindari dan harus dilakukan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode true exspermental dan menggunakan desain eksperimen posttes-only control design untuk mengetahui keefektifan panduan pelatihan self instruction untuk meningkatkan self esteem pada siswa. Dalam penelitian ini, dibentuk dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berjumlah 20 siswa yang terbagi masing-masing kelompok berjumlah 10 siswa dan dipilih secara random. Selanjutnya kelompok eksperimen diberi perlakuan (X) dan kelompok kontrol tidak. Dalam penelitian ini pengaruh treatmen dianalisi dengan uji beda dengan menggunkan perhitungan statistic yaitu T-tes.Hasil post test kepada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berisi 33 butir soal yang valid.menunjukkan selisih rata-rata yang signifikan yaitu 14,32%. Pada kelompok eksperimen rata-rata hasil post test 84,77%, sedangkan pada kelompok kontrol mendapatkan nilai rata-rata 70,45%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan teknik self instruction dapat meningkatkan self esteem yang rendah di MTs Hidayatul Islam Thanjungharjo. Dengan layanan bimbingan kelompok dapat memudahkan proses pelaksanaan teknik self instruction untuk meningkatkan self esteem belajar siswa dengan efektif dan berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self-Instruction,Self-Esteem
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Siti Afifatun Khikmiyah
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:50
Last Modified: 26 Oct 2022 08:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Srianturi, Yanuari
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item
View Item