ZAMHARIR, AHMAD WAVA (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR DRAJAT BAURENO BOJONEGORO TAHUN 2022. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (114kB)
AWALAN.pdf
Download (543kB)
BAB I.pdf
Download (198kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (146kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB) | Request a copy
Abstract
Salah satu persoalan di Indonesia yang sejauh ini belum dapat diatasi, khususnya kebutuhan akan perubahan kualitas pendidikan dan kecenderungan lulusan pada jenjang/jenis pendidikan tersebut tidak memiliki kemampuan. Pondok Pesantren Al-Kautsar sebagai salah satu lembaga pendidikan edukatif yang memberikan bekal pendidikan berbasis agama dan pengetahuan umum serta keterampilan yang dapat menjadi bekal bagi santri di masa depan ketika hidup di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan life skill di Pondok Pesantren Al-Kautsar Desa Drajat, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Kedua, Bagaimana implementasi pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Kautsar Drajat, Kabupaten Bojonegoro. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Kautsar Drajat, Kabupaten Lamongan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan pertama, bahwa konsep pendidikan life skill di Pondok Pesantren Al-Kautsar tertuang dalam program kerja, yaitu kajian kitab, kajian jum’at pagi, Madrasah Diniyah Slafiyah, shalat berjamaah, khitobiyah, pelatihan bahasa, roan, rebana, bulu tangkis, tata boga, tata busana, pertanian dan pelatihan komputer. Tahap penyusunan program kerja tentang life skill tersebut dilakukan secara partisipatif, meliputi (1) Menyebarkan angket, (2) Menetapkan tujuan pendidikan life skill, (3) Mengidentifikasi kebutuhan. Kedua, bentuk implementasi pendidikan life skill di Pondok Pesantren Al-Kautsar meliputi (1) General Skill yaitu Personal Skill dan Social Skill (2) Spesifik Skill yaitu Academic Skill dan Vocational Skill. Ketiga, Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Kautsar antara lain yaitu : Sarana Prasarana, Guru Ahli, Event Perlombaan, Ekstra Kurikuler, Perpustakaan, Semangat Para Santri. Faktor Penghambat meliputi: Manajemen waktu, Finansial atau pendanaan, Kesadaran Santri untuk Berdisiplin.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Life Skil, Pondok Pesantren. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD WAVA ZAMHARIR |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 01:29 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 01:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED Manshur, Ahmad UNSPECIFIED UNSPECIFIED Aufa, Ari Abi UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1845 |