IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR DRAJAT BAURENO BOJONEGORO TAHUN 2022

ZAMHARIR, AHMAD WAVA (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR DRAJAT BAURENO BOJONEGORO TAHUN 2022. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu persoalan di Indonesia yang sejauh ini belum dapat diatasi, khususnya kebutuhan akan perubahan kualitas pendidikan dan kecenderungan lulusan pada jenjang/jenis pendidikan tersebut tidak memiliki kemampuan. Pondok Pesantren Al-Kautsar sebagai salah satu lembaga pendidikan edukatif yang memberikan bekal pendidikan berbasis agama dan pengetahuan umum serta keterampilan yang dapat menjadi bekal bagi santri di masa depan ketika hidup di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan life skill di Pondok Pesantren Al-Kautsar Desa Drajat, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Kedua, Bagaimana implementasi pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Kautsar Drajat, Kabupaten Bojonegoro. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Kautsar Drajat, Kabupaten Lamongan.

Hasil penelitian ini menyimpulkan pertama, bahwa konsep pendidikan life skill di Pondok Pesantren Al-Kautsar tertuang dalam program kerja, yaitu kajian kitab, kajian jum’at pagi, Madrasah Diniyah Slafiyah, shalat berjamaah, khitobiyah, pelatihan bahasa, roan, rebana, bulu tangkis, tata boga, tata busana, pertanian dan pelatihan komputer. Tahap penyusunan program kerja tentang life skill tersebut dilakukan secara partisipatif, meliputi (1) Menyebarkan angket, (2) Menetapkan tujuan pendidikan life skill, (3) Mengidentifikasi kebutuhan. Kedua, bentuk implementasi pendidikan life skill di Pondok Pesantren Al-Kautsar meliputi (1) General Skill yaitu Personal Skill dan Social Skill (2) Spesifik Skill yaitu Academic Skill dan Vocational Skill. Ketiga, Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Kautsar antara lain yaitu : Sarana Prasarana, Guru Ahli, Event Perlombaan, Ekstra Kurikuler, Perpustakaan, Semangat Para Santri. Faktor Penghambat meliputi: Manajemen waktu, Finansial atau pendanaan, Kesadaran Santri untuk Berdisiplin.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Life Skil, Pondok Pesantren.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD WAVA ZAMHARIR
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:29
Last Modified: 01 Nov 2022 01:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Aufa, Ari Abi
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item
View Item