PENERAPAN INFAQ DALAM PENGEMBANGAN SOFTSKILL EMPATI SISWA DI MTS ISLAMIYAH MULYOAGUNG SINGGAHAN TUBAN

SYUKRONI, MUHAMMAD (2022) PENERAPAN INFAQ DALAM PENGEMBANGAN SOFTSKILL EMPATI SISWA DI MTS ISLAMIYAH MULYOAGUNG SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran.pdf] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pada zaman seperti sekarang ini, pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan program infak di MTs Islamiyah Mulyoagung, 2) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan softskill empati siswa dengan penerapan program infak di MTs Islamiyah Mulyoagung.
Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, Guru dan Siswa di MTs Islamiyah Mulyoagung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian Penerapan infak memberikan dampak positif terhadap pengembangan softskill empati di MTs Islamiyah Mulyoagung baik dalam ranah kognitif, afektif dan komunikatif. Dalam ranah kognitif anak sudah mampu memahami perasaan orang lain, ranah afektif anak sudah mampu menunjukan sikap kepedulian dengan sesama. Sedangkan dalam ranah komunikatif siswa Siswa mengekspresikan empati mereka dengan mengatakan bahwa mereka merasa bahagia dan senang bisa membantu beban ornag lain.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Infak, Sofskill, Empati
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Syukroni
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:06
Last Modified: 25 Oct 2022 07:06
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1828

Actions (login required)

View Item
View Item