SYUKRONI, MUHAMMAD (2022) PENERAPAN INFAQ DALAM PENGEMBANGAN SOFTSKILL EMPATI SISWA DI MTS ISLAMIYAH MULYOAGUNG SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (280kB)
Awalan.pdf
Download (667kB)
BAB I.pdf
Download (422kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (590kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (259kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (373kB)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (876kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pada zaman seperti sekarang ini, pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan program infak di MTs Islamiyah Mulyoagung, 2) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan softskill empati siswa dengan penerapan program infak di MTs Islamiyah Mulyoagung.
Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, Guru dan Siswa di MTs Islamiyah Mulyoagung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian Penerapan infak memberikan dampak positif terhadap pengembangan softskill empati di MTs Islamiyah Mulyoagung baik dalam ranah kognitif, afektif dan komunikatif. Dalam ranah kognitif anak sudah mampu memahami perasaan orang lain, ranah afektif anak sudah mampu menunjukan sikap kepedulian dengan sesama. Sedangkan dalam ranah komunikatif siswa Siswa mengekspresikan empati mereka dengan mengatakan bahwa mereka merasa bahagia dan senang bisa membantu beban ornag lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Infak, Sofskill, Empati |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Syukroni |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 07:06 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 07:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED Thesis advisor Ulfa, Ulfa UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1828 |