UTAMI, JUNITA SAMPUTRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUNAKAWAN PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS V DI MI MAMBAUL ULUM CAMPUREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (181kB)
awalan.pdf
Download (793kB)
BAB I.pdf
Download (585kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (474kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (505kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (271kB)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Download (421kB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran merupakan proses pembaharuan media pembelajaran yang berbeda namun masih sejenis dengan media yang di kembangkan dan disesuaikan dengan karakteristik siswa yang menggunakannya. Fungsi media memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Pembelajaran yang sulit diterima seperti matematika materi luas dan keliling bangun datar membutuhkan media yang tepat seperti media punakawan.
Adapun tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika sekaligus menvalidas media supaya siswa dapat dengan mudah belajar memahami luas dan keliling bangun datar.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analysis (analisis), 2) Design (perencanaan), 3) Development (penerapan), 4) Implementation (pengembangan) 5) Evaluation (evaluasi). Media ini dinilai oleh validator ahli media dan ahli materi. Media pembelajaran ini juga direspon oleh 4 siswa MI Mambaul Ulum melalui uji coba terbatas, skor terakhir yang diperoleh di konversi menjadi tingkat kelayakan media.
Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran punakawan untuk pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar siswa MI Mambaul Ulum Campurejo Bojonegoro. Kelayakan media dinyatakan sangat valid oleh ahli media dengan hasil validasi 88% dan validasi ahli matri 87,27% yang menunjukan bahwa media punakawan efektif dan menarik. Sedangkan dalam penerapan pembelajaran di kelas, hasil pre-test siswa mendapat nilai 64,58 dan hasil post-test mendapat nilai 82,5. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan menghitung luas dan keliling bangun datar siswa kelas V MI Mambaul Ulum Campurejo Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Punakawan, Kemampuan Motorik Kasar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Junita samputri utami |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 07:39 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 07:39 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sadiyah, Zumrotus zumrotus@unugiri.ac.id Thesis advisor Yulia, Nurul mahruzah nurulmahruzah@unugiri.ac.id |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1823 |