ERVIANA, KIKI ELMA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA JARING- JARING MAKANAN PADA PELAJARAN IPA DIKELAS V MI SUNAN DRAJAT GEGER KEDUNGADEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
SAMPUL.pdf
Download (543kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (762kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (695kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (829kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (516kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (518kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (623kB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran IPA kelas V di MI Sunan Drajat Kedungadem Bojonegoro bahwa “Selama ini belum pernah ada pengembangan bahan ajar pada pembelajaran IPA. Sumber belajar siswa hanya dari LKS dan buku ajar tematik. Tidak adanya media pembelajaran dalam kegiatan, selama ini hanya melihat gambar di LKS atau guru membawa sendiri”.
Tujuan penelitian yaitu : 1. Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran jaring-jaring makanan pada pelajaran IPA kelas V MI Sunan Drajat Kedungadem Bojonegoro. 2. Mendeskripsikan hasil pengembangan media pembelajaran jaring-jaring makanan pada pelajaran IPA kelas V MI Sunan Drajat Kedungadem Bojonegoro.
Penelitian ini menggunkan metode R&D (Research and Development), dengan model Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validasi oleh ahli. Informan penelitian yaitu guru kelas 5 serta kepala sekolah MI Sunan Drajat Geger Kedungadem.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang telah peneliti buat sudah layak digunakan sesuai dengan uji validitas dari ahli materi, ahli isi, dan ahli desain, berdasarkan validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 87 % mendapat kriteria valid, kemudian berdasarkan validasi bahasa oleh ahli bahasa mendapat presentase 82 % kriteria valid, serta analisis respon siswa terhadap pembelajaran mendapatkan persentase 88 %. Maka dengan ini dinyatakan layak/valid.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media jaring- jaring makanan, jaring- jaring makanan, kelas V MI |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | KIKI ELMA ERVIANA |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 03:27 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 03:27 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AMRETA, MIDYA YULI UNSPECIFIED Thesis advisor ROFI’AH, FIRDA ZAKIYATUR UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1817 |