KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL MENURUT KUNTOWIJOYO

SHOLEH, MIFTAKHUL (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL MENURUT KUNTOWIJOYO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 2. Awalan.pdf] Text
2. Awalan.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of 3. Bab 1.pdf] Text
3. Bab 1.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of 4. Bab 2.pdf] Text
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. Bab 3.pdf] Text
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. Bab 4.pdf] Text
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. Bab 5.pdf] Text
7. Bab 5.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas yang terdiri dari beribu-ribu etnis, bahasa, agama, tradisi dan budaya yang berinteraksi dan berbaur sehingga terbentuklah masyarakat yang multi etnis. Keberagaman yang ada di Indonesia dapat dijadikan sebagai suatu potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan. Namun kondisi tersebut juga berpotensi menimbulkan konflik antar etnis, agama dan budaya. Dalam hal ini Kuntowijoyo menjelaskan bahwa pendidikan dapat dijadikan solusi yang paling efektif untuk memelihara kemajemukan yang ada di Indonesia khususnya pendidikan Islam multikultural.
Dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (library research) yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku referensi, artikel, catatan serta berbagai jurnal. Dengan pendekatan deksriptif analisis deduktif yang dianalisa dari berbagaimacam sumber dan referensi baik yang sifatnya primer maupun sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan Konsep Pendidikan Islam
Multikultural menurut Kuntowijoyo secara garis besar adalah konsep pendidikan yang bernafaskan perdamaian, yang memiliki kepekaan terhadap realitas sosial, lebih mengutamakan keselamatan sosial, serta dilandasi dengan nilai-nilai persatuan, toleransi dan keadilan seperti yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadist.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Multikultural, Kuntowijoyo
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: miftakhul sholeh
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:59
Last Modified: 25 Oct 2022 01:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Habibullah, M. Romadlon
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item
View Item