PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 1 KEDUNGADEM DESA TUMPANG KEDUNGADEM BOJONEGORO

SARI, HESTI PURNAMA (2022) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 1 KEDUNGADEM DESA TUMPANG KEDUNGADEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of lampiran-lampiran hesti.pdf] Text
lampiran-lampiran hesti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Cooperative Learning terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikn Agama Islam kelas VIII SMPN 1 Kedungadem. menentukan Model Pembelajaran yang terbaik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, .Dalam Cooperatif Learning ( Pembelajaran Kooperatif), siswa dilatih untuk bisa bekerja sama dengan sesama temannya secara sinergis,intergal dan kombinatif. Selain itu, para siswa juga diajak menghindari sifat yang egois, individualis kompetisi yang tidak sehat seawal mungkin agar masing siswa tidak mementingkan kepentian diri sendiri dan kelompoknya. pembelajaran kooperatif mempunyai dampak yang positif yakni untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik, mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta mampu meningkatkan motivasi yang intrinsik Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Cooperative Learning (X), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Angket, dan Hasil Tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang ditabelkan secara sistematis dengan menggunakan Rumus Teknik Analisis Data Korelasi product moment. Hasil Analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Metode Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMPN 1 Kedungadem Desa Tumpang Kedungadem Bojonegoro.hal ini dapat dilihat dari taraf 5% ro > rt I(0,420 > 0,381). Nilai Koefisien Korelasi ini Jika diinterpretasikan pada nilai Interpretasi Koefisien korelasi dapat dikategorikan “Cukup ” Tingkat Pengaruhnya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning , Hasi Belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 201655010104121@kelasonline.unugiri.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:44
Last Modified: 24 Oct 2022 06:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Affandi, Chaffidz
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item
View Item