Sholihah, Siti Fifiannis (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH BERHITUNG MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS 1 MI ROUDLOH SEMAMBUNG KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (308kB)
AWALAN.pdf
Download (857kB)
BAB I.pdf
Download (474kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (510kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (506kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (299kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (307kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan Latar belakang masalah maka, masalah yang ditemukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah belum digunakannya media pembelajaran rumah berhitung dalam pelajaran matematika pada materi penjumlahan. Media yang digunakan masih berupa buku cetak sebagai bahan ajar serta sarana papan tulis yang digunakan oleh pendidik. Sehingga hal tersebut bisa menjadikan pembelajaran kurang efektif dan cenderung membuat peserta didik menjadi mudah bosan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka peneliti memilih judul penelitian “Pengembangan Media Pembelajaran Rumah Berhitung Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Di Kelas I MI Roudloh Semambung Kanor Bojonegoro”. Peneilitian ini bertujuan untuk mengembangkan media rumah berhitung untuk dapat mengetahui tingat kemenarikan dan kelayakan penggunaan, serta mengetahi respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran rumah berhitung pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian yaitu : 1. Untuk mengetahui pengembangan media rumah berhitung mata pelajaran matematika materi penjumlahan di kelas I MI Roudloh Semambung Kanor Bojonegoro, 2. Untuk mengetahui hasil pengembangan media rumah berhitung mata pelajaran matematika materi penjumlahan di kelas I MI Roudloh Semambung Kanor Bojonegoro Penelitian ini menggunkan metode R&D (Research and Development), dengan model Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validasi olehahli. Informan penelitian yaitu guru kelas I serta kepala sekolah MI Roudloh Semambung Kanor Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang telah peneliti buat sudahlayak digunakan sesuai dengan uji validitas dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, berdasarkan validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 95% mendapat kriteria valid, kemudian berdasarkan validasi media oleh ahli media mendapat presentase 97%kriteria valid, dan berdasarkan validasi bahasa mendapat persentase 95%, serta analisis respon siswa terhadap pembelajaran mendapatkan persentase 88 %. Maka dengan ini dinyatakan layak/valid.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran ,Matematika |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | siti fifiannis sholihah |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 05:36 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 19:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Amreta, Midya Yuli UNSPECIFIED Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1788 |