MAFTUHIN, ANIQ (2022) IMPLEMENTASI METODE TARTIL DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN QIROAH ASHIM RIWAYAT HAFSH DI PONPES TARBIYATUL ULUM LISSHIBYAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (503kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (686kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (886kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (440kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (821kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (618kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (484kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (409kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan santri baru dalam pemahaman Al Qur’an sangatlah rendah, banyak santri baru yang belum mengetahui tajwid, makhorijul huruf, dan lain sebagainya, berbeda dengan santri baru terdahulu, dimana mereka ketika masuk kepesantren sudah mempunyai dasar pemahaman Al Qur’an. Realita saat ini menunjukkan lemahnya bacaan Al Qur’an dan kurangnya bekal pemahaman bagi pelajar anak seusia sekolah dasar terutama dalam bidang Al Qur’an.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dibutuhkan berupa sebaran-sebaran informasi yang tidak perlu dikuantifikasikan. Dimana dalam penelitian ini peneliti akan menghimpun informasi terkait dengan Implementasi Metode Tartil Dalam Menghafal Al Qur’an Qiroah Ashim Riwayat Hafsh DiPonpes Tarbiyatul Ulum Lisshibyan
Berdasarkan yang dilakukan peneliti, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penerapa metode tartil dalam menghafal al qur’an qiroah ashim riwayat hafs di ponpes tarbiyatul ulum lissibhyan (2)faktor penghambat beserta solusi dari penerapan metode tartil dalam menghafal al qur’an qiroah ashim riwayat hafs di ponpes tarbiyatul ulum lisshibyan (3) faktor pendukung dari penerapan metode tartil dalam menghafal al qur’an qiroah ashim riwayat hafs di ponpes tarbiyatul ulum lisshibyan. Dengan menggunakan bacaan qira’ah ashim Riwayat hafsh di ponpes tarbiyatul ulum lisshibyan, maka dalam menghafal al qur’an akan lebih mudah menghafal karena dalam metode tartil ini terdapat tahapan-tahapan yakni pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, Latihan, evaluasi, penutup. Sehingga terciptalah sesuatu bacaan dan hafalan Al Qur’an yang terpadu (ittisaq) dan tersistem (intizham) secara konsisten (istiqamah).
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode tartil, dalam menghafal al qur’an qirooh ashim riwayat hafsh |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ANIQ MAFTUHIN |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 06:05 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 06:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rofi’ah, Firda Zakiyatur UNSPECIFIED Thesis advisor Fitriyah, Dewi Niswatul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1770 |