IMPLEMENTASI METODE TARTIL DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN QIROAH ASHIM RIWAYAT HAFSH DI PONPES TARBIYATUL ULUM LISSHIBYAN

MAFTUHIN, ANIQ (2022) IMPLEMENTASI METODE TARTIL DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN QIROAH ASHIM RIWAYAT HAFSH DI PONPES TARBIYATUL ULUM LISSHIBYAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan santri baru dalam pemahaman Al Qur’an sangatlah rendah, banyak santri baru yang belum mengetahui tajwid, makhorijul huruf, dan lain sebagainya, berbeda dengan santri baru terdahulu, dimana mereka ketika masuk kepesantren sudah mempunyai dasar pemahaman Al Qur’an. Realita saat ini menunjukkan lemahnya bacaan Al Qur’an dan kurangnya bekal pemahaman bagi pelajar anak seusia sekolah dasar terutama dalam bidang Al Qur’an.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dibutuhkan berupa sebaran-sebaran informasi yang tidak perlu dikuantifikasikan. Dimana dalam penelitian ini peneliti akan menghimpun informasi terkait dengan Implementasi Metode Tartil Dalam Menghafal Al Qur’an Qiroah Ashim Riwayat Hafsh DiPonpes Tarbiyatul Ulum Lisshibyan
Berdasarkan yang dilakukan peneliti, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penerapa metode tartil dalam menghafal al qur’an qiroah ashim riwayat hafs di ponpes tarbiyatul ulum lissibhyan (2)faktor penghambat beserta solusi dari penerapan metode tartil dalam menghafal al qur’an qiroah ashim riwayat hafs di ponpes tarbiyatul ulum lisshibyan (3) faktor pendukung dari penerapan metode tartil dalam menghafal al qur’an qiroah ashim riwayat hafs di ponpes tarbiyatul ulum lisshibyan. Dengan menggunakan bacaan qira’ah ashim Riwayat hafsh di ponpes tarbiyatul ulum lisshibyan, maka dalam menghafal al qur’an akan lebih mudah menghafal karena dalam metode tartil ini terdapat tahapan-tahapan yakni pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, Latihan, evaluasi, penutup. Sehingga terciptalah sesuatu bacaan dan hafalan Al Qur’an yang terpadu (ittisaq) dan tersistem (intizham) secara konsisten (istiqamah).

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode tartil, dalam menghafal al qur’an qirooh ashim riwayat hafsh
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ANIQ MAFTUHIN
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:05
Last Modified: 24 Oct 2022 06:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rofi’ah, Firda Zakiyatur
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fitriyah, Dewi Niswatul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item
View Item