PENGEMBANGAN MODEL TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMA

ROHMAH, NAFISAH AINUR (2022) PENGEMBANGAN MODEL TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I (1).pdf] Text
BAB I (1).pdf

Download (510kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV..pdf] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V..pdf] Text
BAB V..pdf

Download (305kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA..pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (452kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Siswa SMA pada umumnya berada pada masa remaja, pada masa ini sebagian besar siswa SMA memiliki self esteem yang rendah. Self esteem merupakan suatu kepercayaan dalam diri individu yang menganggap bahwa dirinya berarti, dan dapat mengembangkan bakatnya untuk lebih maju, ini berarti siswa yang memiliki self esteem rendah tidak bisa menggambarkan dan mengevaluasi dirinya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah panduan model teknik psikodrama untuk meningkatkan self esteem siswa. Teknik psikodrama ini merupakan salah satu teknik yang mampu merubah tingkah laku individu dengan bantuan dirinya sendiri. Teknik psikodrama dilakukan 90 menit pada setiap pertemuannya. Pada hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 3 siswa yang memiliki self esteem rendah dengan tinhkat prosentase 5,34%. 54 Siswa yang memiliki tingkat self esteem rendah dengan prosentase 72%. 7 siswa yang memiliki tisenlf esteem tinggi dengan prosentase 9,34%. 11 siswa yang memiliki self esteem rendah dengan prosentasi 9,34%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji ahli calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa panduan penelitian teknik psikodrama sangat berguna untuk meningkatkan self esteem siswa SMA. Dari hasil penilaian tiga uji ahli terdapat kesimpulan bahwa buku panduan teknik psikodrama, menarik, layak,tepat guna dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor sekolah SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: teknik psikodrama, self esteem, siswa SMA
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Nafisah Ainur Rohmah
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:39
Last Modified: 24 Oct 2022 06:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
vestidwibk@yahoo.com
Thesis advisor
Rachmawati, Ulvina
ulvinar@unugi.ac.id
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item
View Item