ROHMAH, NAFISAH AINUR (2022) PENGEMBANGAN MODEL TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (181kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I (1).pdf
Download (510kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (648kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (825kB) | Request a copy
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only
Download (829kB) | Request a copy
BAB V..pdf
Download (305kB)
DAFTAR PUSTAKA..pdf
Download (452kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Siswa SMA pada umumnya berada pada masa remaja, pada masa ini sebagian besar siswa SMA memiliki self esteem yang rendah. Self esteem merupakan suatu kepercayaan dalam diri individu yang menganggap bahwa dirinya berarti, dan dapat mengembangkan bakatnya untuk lebih maju, ini berarti siswa yang memiliki self esteem rendah tidak bisa menggambarkan dan mengevaluasi dirinya dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah panduan model teknik psikodrama untuk meningkatkan self esteem siswa. Teknik psikodrama ini merupakan salah satu teknik yang mampu merubah tingkah laku individu dengan bantuan dirinya sendiri. Teknik psikodrama dilakukan 90 menit pada setiap pertemuannya. Pada hasil analisis kuisioner yang dibagikan pada tiga sekolah dibeberapa kecamatan di kabupaten Bojonegoro terdapat 3 siswa yang memiliki self esteem rendah dengan tinhkat prosentase 5,34%. 54 Siswa yang memiliki tingkat self esteem rendah dengan prosentase 72%. 7 siswa yang memiliki tisenlf esteem tinggi dengan prosentase 9,34%. 11 siswa yang memiliki self esteem rendah dengan prosentasi 9,34%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji ahli calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa panduan penelitian teknik psikodrama sangat berguna untuk meningkatkan self esteem siswa SMA. Dari hasil penilaian tiga uji ahli terdapat kesimpulan bahwa buku panduan teknik psikodrama, menarik, layak,tepat guna dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor sekolah SMA.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik psikodrama, self esteem, siswa SMA |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Nafisah Ainur Rohmah |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 06:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 06:39 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi vestidwibk@yahoo.com Thesis advisor Rachmawati, Ulvina ulvinar@unugi.ac.id |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1759 |