PEGEMBANGAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI ULUL ALBAB PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO

Cholisoh, Nuriatun (2019) PEGEMBANGAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI ULUL ALBAB PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of PERSETUJUAN.pdf] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Disuatu lembaga pendidikan yang bersifat formal seperti di Madrasah, keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam prestasi belajarnya. Kualitas dan keberhasilan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru memilih dan menggunakan metode maupun media pengajaran. Umumnya lembaga pendidikan islam terkhusus guru Matematika harus selalu berorentasi pada penggunaan media yang bervariasi dalam meningkatkan keefektifan siswa dalam belajar.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana prosedur pengembangan media papan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika di MI Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro? 2) Bagaimana kualitas produk dari pengembangan media papan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika di MI Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pengembangan. Media yang dikembangkan menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan yang merupakan modifikasi antara teori Borg dan Gell dalam Sugiyono. Kedua prosedur pengembangan sehingga menjadi sebuah produk yang lebih sederhana. Prosedur pengembangan tersebut terdapat lima langkah yaitu : (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain. Ada dua instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu daftar pertanyaan wawancara dan kuesioner. Daftar pertanyaan wawancara untuk menganalisis kebutuhan guru kelas 1 MI Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro berupa data kualitatif. Kuesioner digunakan dalam kegiatan validasi kualitas media oleh dua orang pakar media dan dua orang guru kelas 1 Madrasah Ibtidaiyahn berupa data kuantitatif.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh dua pakar media pembelajaran, media papan penjumlahan tersebut memperoleh skor rata-rata 4 (baik) dan 3,94 ( baik) . Penilaian yang dilakukan oleh dua guru kelas 1 MI Ulul Albab menghasilkan skor rata-rata 3,93 (baik) dan 4,12 (baik). Hasil penilaian oleh keempat validator tersebut jika dijumlahkan dari setiap rata-rata maka hasilnya menjadi 3,99 dengan kategori “baik”. Dengan demikian maka produk media papan penjumlahan memiliki kualitas baik dan layak digunakan sebagai uji coba produk akhir yang akan dihasilkan berpedoman pada spesifikasi produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Papan Penjumlahan dan Pengurangan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 Nov 2021 13:36
Last Modified: 08 Nov 2021 13:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Habibullah, Romadhon
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item
View Item