PENANAMAN TOLERANSI INKLUSI BERBASIS MULTIKULTURAL DI RA AR RAKHMAN DESA PIYAK KECAMATAN KANOR BOJONEGORO

SEPTIANA, VERA RURI (2022) PENANAMAN TOLERANSI INKLUSI BERBASIS MULTIKULTURAL DI RA AR RAKHMAN DESA PIYAK KECAMATAN KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Toleransi merupakan nilai yang menghargai keberagaman dan kemajemukan Tolerandi perlu di tanamkan sejak usia sekolah dini karena pada masa tersebut anak mengalami perkembangan yang pesat atau di katakan Golden Age. Sehingga perlu diberikan pemahaman terkait cara menghargai dan menyikapi perbedaan tersebut. Tujuan penulisan skripsi ini untuk membahas penanaman toleransi yang dilakukan melalui pembelajaran dan pembiasaan disekolah Raudatul Atfal inklusi melalui pendidikan multicultural. Raudatul atfal inklusi jauh lebih rentan terhadap perbedaan antar anak. karena menempatkan anak normal dengan anak yang berkebutuhan khusus dalam satu kelas. Kondisi tersebut menjadi kemungkinan terjadinya intervensi terhadap anak berkebutuhan khusus. Hasil dari nilai toleransi, anak di sekolah raudatul atfal inklusi tidak sekedar belajar bertoleransi terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan Bahasa, namun anak belajar menghargai segala bentuk kekurangan darin abak penyandang berkebutuhan khusus. Salah satu alternatif untuk mendukung penanaman toleransi inklusi dalam lingkup anak usia dini adalah melalui pembelajaran berbasis multicultural. Pembelajaran berbasis multikultural mengarahkan anak untuk berpandangan dan sikap toleran terhadap segala bentuk perbedaan, baik suku, ras, agama, etnik, dan Bahasa termasuk perbedaan pada anak yang berkebutuhan khsusus. Kata Kunci: Toleransi, Inklusi, dan Multikultural.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Inklusi, dan Multikultural.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: VERA RURI SEPTIANA
Date Deposited: 22 Oct 2022 07:38
Last Modified: 22 Oct 2022 07:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Utsman, Ahmad Farid
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ni’mah, Roudlotun
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item
View Item