Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngraho

SUKMAWATI, INTAN (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngraho. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, sehingga terciptanya inovasi-inovasi baru disegala bidang, salah satunya ialah bidang pendidikan. Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan salah satu yang dapat dilakukan guru ialah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Dengan kemajuan teknologi ini, banyak aplikasi yang tersedia dengan mudah dan gratis salah satunya yaitu canva. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan ekspermin dengan menggunakan aplikasi canva. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 32 siswa di kelas eksperimen dan 32 siswa di kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan test (pretest dan posttest). Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Penggunaan media pembelajaran interaktif canva dalam pembelajaran menjadikan siswa lebih fokus pada materi yang disampaikan, menambah semangat dan motivasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan menjadikan proses pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup dan tidak membosankan, dan (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai signifikansi 0,000. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Canva, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Canva, Hasil Belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: INTAN SUKMAWATI
Date Deposited: 22 Oct 2022 07:35
Last Modified: 22 Oct 2022 07:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SHOFIYUDDIN, AHMAD
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item
View Item