PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH ASY-SYAFI’IYAH JATIROGO TUBAN

Anisah, Anisah (2014) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH ASY-SYAFI’IYAH JATIROGO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Metode sosiodrama adalah salah satu metode yang melibatkan peran aktif siswa dalam sebuah pembelajaran, sehingga siswa akan lebih cepat memahami tentang suatu materi. Dengan menerapkan metode ini, khususnyadalampembelajaranSejarahKebudayaan Islam, akan membuat siswa mampu memahami peristiwa-peristiwa di masalalu, dan membandingkan nya dengan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat saat ini, sehingga siswa nantinya dapat mengambil hikmah dari setiap pembelajaran yang di sosiodramakan
Adapun masalah yang ingin penulis kaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode Sosiodrama di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo, (2)Bagaimanaprestasi belajarsiswadi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo, dan (3) Adakah pengaruh metode Sosiodrama terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah itumetode Sosiodrama, (2) bagaimana ituprestasi belajar, (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode Sosiodrama terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah itu.
Penelitian ini dilakukan terhadap 500 siswa di MTs SalafiyahAsy-Syafi’iyahJatirogoTuban sebagai populasi. Adapun jumlah sampel yang penulis ambil adalah 50 siswa. Setelah dilakukan penelitian dan analisis terhadap data-data terkait dengan teknik korelasi product moment menggunakan rumus :

Maka diperoleh hasil ro= 0,811 lebih besar dari r table dari taraf signifikansi 5% sebesar 0,297 dan taraf signifikansi 1% sebesar 0,361 berarti hasilnya adalah signifikan dan ada korelasi. Jadi telah terbukti bahwa ada Pengaruh Metode Sosiodrama terhadap Preastasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs SalafiyahAsy-Syafi’iyahJatirogoTuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: MetodeSosiodrama, Prestasi Belajar SejarahKebudayaan Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 Nov 2021 09:20
Last Modified: 08 Nov 2021 09:20
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Yusuf, Anas
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item
View Item