Anisah, Anisah (2014) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH ASY-SYAFI’IYAH JATIROGO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (103kB)
AWALAN.pdf
Download (110kB)
BAB I.pdf
Download (213kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (354kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (548kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (156kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB) | Request a copy
Abstract
Metode sosiodrama adalah salah satu metode yang melibatkan peran aktif siswa dalam sebuah pembelajaran, sehingga siswa akan lebih cepat memahami tentang suatu materi. Dengan menerapkan metode ini, khususnyadalampembelajaranSejarahKebudayaan Islam, akan membuat siswa mampu memahami peristiwa-peristiwa di masalalu, dan membandingkan nya dengan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat saat ini, sehingga siswa nantinya dapat mengambil hikmah dari setiap pembelajaran yang di sosiodramakan
Adapun masalah yang ingin penulis kaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode Sosiodrama di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo, (2)Bagaimanaprestasi belajarsiswadi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo, dan (3) Adakah pengaruh metode Sosiodrama terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Asy-Syafi’iyah Jatirogo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah itumetode Sosiodrama, (2) bagaimana ituprestasi belajar, (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode Sosiodrama terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah itu.
Penelitian ini dilakukan terhadap 500 siswa di MTs SalafiyahAsy-Syafi’iyahJatirogoTuban sebagai populasi. Adapun jumlah sampel yang penulis ambil adalah 50 siswa. Setelah dilakukan penelitian dan analisis terhadap data-data terkait dengan teknik korelasi product moment menggunakan rumus :
Maka diperoleh hasil ro= 0,811 lebih besar dari r table dari taraf signifikansi 5% sebesar 0,297 dan taraf signifikansi 1% sebesar 0,361 berarti hasilnya adalah signifikan dan ada korelasi. Jadi telah terbukti bahwa ada Pengaruh Metode Sosiodrama terhadap Preastasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs SalafiyahAsy-Syafi’iyahJatirogoTuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MetodeSosiodrama, Prestasi Belajar SejarahKebudayaan Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 09:20 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 09:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Yusuf, Anas UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/171 |