PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 BALEN

ROSITA, JAMIATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangatlah diperlukan oleh peserta didik, namun fakta dilapangan mengatakan bahwa 55% kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga perlu dilakukan perbaikan. Salah satu upaya dalam memperbaiki kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah melalui model pembelajaran yang memusatkan kegiatan belajar mengajar pada peserta didik. Model pembelajaran dengan karakter tersebut yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi aritmatika sosial. Penelitian dilaksankaan di SMP Negeri 2 Balen, dengan pemilihan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 peserta didik dan VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 peserta didik. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, dokumentasi dan teknik tes.. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensia yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis ( uji independent sample t-tes) dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS versi 26 dengan taraf signifikan sebesar 5 %. Hasil perhitungan uji independent sample t-tes diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan perhitungan gain score diperoleh nilai sebesar 0,7081. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori peningkatanya adalah “ Tinggi”.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Aritmatika Sosial
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: JAMIATI ROSITA
Date Deposited: 22 Oct 2022 06:46
Last Modified: 22 Oct 2022 06:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fitri, Anisa
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ismanto, Ismanto
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item
View Item