ROSITA, JAMIATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (315kB)
AWALAN .pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (388kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (308kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (380kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Kemampuan berpikir kritis sangatlah diperlukan oleh peserta didik, namun fakta dilapangan mengatakan bahwa 55% kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga perlu dilakukan perbaikan. Salah satu upaya dalam memperbaiki kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah melalui model pembelajaran yang memusatkan kegiatan belajar mengajar pada peserta didik. Model pembelajaran dengan karakter tersebut yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi aritmatika sosial. Penelitian dilaksankaan di SMP Negeri 2 Balen, dengan pemilihan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 peserta didik dan VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 peserta didik. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, dokumentasi dan teknik tes.. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensia yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis ( uji independent sample t-tes) dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS versi 26 dengan taraf signifikan sebesar 5 %. Hasil perhitungan uji independent sample t-tes diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan perhitungan gain score diperoleh nilai sebesar 0,7081. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori peningkatanya adalah “ Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Aritmatika Sosial |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | JAMIATI ROSITA |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 06:46 |
Last Modified: | 22 Oct 2022 06:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fitri, Anisa UNSPECIFIED Thesis advisor Ismanto, Ismanto UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1706 |