PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMANAH DI SMP IT WALISONGO BOARDING SCHOOL WADO KEDUNGTUBAN BLORA

CHUSNA, DIAH LATIFATUL (2022) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMANAH DI SMP IT WALISONGO BOARDING SCHOOL WADO KEDUNGTUBAN BLORA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini globalisasi membawa dampak pada terabaikannya pendidikan karakter. Salah satu akibat apabila peserta didik tidak dibekali dengan pendidikan karakter adalah minimnya rasa toleransi yang dimiliki oleh siswa, sehingga mengakibatkan perpecahan. Hal tersebut mampu diatasi melalui lembaga pendidikan. Pendidikan karakter tidak hanya bisa diperoleh dari mata pelajaran, melainkan juga dapat diperoleh dari kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah. SMP IT Walisongo Boarding School Wado merupakan salah satu sekolah yang mengadakan ekstrakurikuler memanah, dimana ekstrakurikuler tersebut memiliki banyak manfaat dan tercakup nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada saat aktivitas kegiatan ekstrakurikuler memanah berlangsung, untuk memperoleh informasi dilakukan dengan pihak terlibat kegiatan ekstrakurikuler memanah. Dokumentasi diambil dari hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan ekstrakrikuler memanah memuat nilai karakter diantaranya disiplin, rasa ingin tahu, kerja keras, bersahabat atau komunikatif, religius, bertanggung jawab, serta toleransi. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan ekstrakurikuler memanah ini diharapkan peserta didik mampu menjadi individu yang berakhlakul karimah, berilmu dan mampu berperilaku dengan bijak baik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan bernegara. Adapun faktor pendukung dalam penerapan nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler memanah di SMP IT Walosongo Boarding School Wado adalah kebijakan sekolah, motivasi, letak lapangan, rasa ingin tahu, dan proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: minimnya alat yang di sediakan, waktu, dan kurangnya pelatih.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diah Latifatul Cusna
Date Deposited: 22 Oct 2022 06:35
Last Modified: 22 Oct 2022 06:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SHOFIYUDDIN, AHMAD
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item
View Item