SA'ADAH, UMMI (2013) STUDI KOMPARATIF TENTANG KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ MENURUT AZ-ZARNUJI DAN HASYIM ASY’ARI. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER DAN ABSTRAK.pdf
Download (505kB)
BAB I.pdf
Download (440kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (436kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (622kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB) | Request a copy
Abstract
Di era dewasa ini terjadi krisis akhlaq secara merata tidak terkecuali krisis akhlaq pada proses belajar mengajar di dunia pendidikan. Sedangkan penerapan pendidikan akhlaq pada proses belajar mengajar sangatlah menunjang akan keberhasilan suatu pembelajaran secara hakiki. Berpijak dari uraian diatas permasalahan penelitian ini adalah 1). Bagaimana pemikiran Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari tentang konsep pendidikan akhlaq, dan 2). Apakah persamaan dan perbedaan pemikiran Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari tentang konsep pendidikan akhlaq. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui pemikiran Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari tentang konsep pendidikan akhlaq, dan 2). Mengetahui persamaan dan perbedaan pemikiran Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari tentang konsep pendidikan akhlaq. Jenis penelitian skripsi ini adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif analisis dan menggunakan metode komparasi untuk menemukan letak persamaan dan perbedaan kedua konsep tersebut. Dalam penelitian dan analisis data, peneliti memakai beberapa teknik, antara lain: mencari, menemukan, memahami, mencatat semua keterangan di buku-buku dan melakukan browsing (penelusuran) di internet untuk mencari data-data tambahan dan informasi terkini yang mendukung penelitian. Dari penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Az-Zarnuji dan Hasyim Asy`ari sependapat akan urgensitas pendidikan yaitu menentukan niat yang benar, mencari ridho Allah SWT. Mereka juga sepakat akan materi pendidikan tentang akhlaq sebagai murid dan metode yang digunakan adalah hafalan. Akan tetapi ada titik perbedaan dari keduanya yaitu Hasyim Asy`ari membahas pendidikan akhlaq untuk pendidik atau guru secara terperinci sedangkan Az-Zarnuji tidak membahas secara terperinci.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 04:15 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 21:51 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ahmad, Badarruin UNSPECIFIED Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/17 |