PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FIKIH DI MI ISLAMIYAH NGREJENG

Anggraini, Nurul mita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FIKIH DI MI ISLAMIYAH NGREJENG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Proses pendidikan yang bermutu itu harus ditunjang oleh media pembelajaran yang disajikan oleh guru kepada siswa. Media pembelajaran yang bermutu yaitu media yang mampu meningkatkan motivasi pembelajaran, praktis dan mudah dipergunakan, merangsang dan menarik perhatian siswa, serta memiliki kemampuan dalam memberikan tanggapan, umpan balik termasuk mendorong siswa melakukan praktek pembelajaran dengan benar. Beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami dan membedakan jenis makanan dan minuman halal dan haram di pembelajaran fikih materi makanan dan minuman halal dan haram. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan validitas pada media diorama pada materi makanan dan minuman halal dan haram pada mata pelajaran fikih di kelas V. Mendeskripsikan hasil pengembangan media diorama pada materi makanan dan minuman halal dan haram pada mata pelajaran fiqih dikelas V. Mendeskripsikan keefektifan Media Diorama materi makanan dan minuman halal dan haram. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan mengikuti prosedur dari Borg and Gall. subjek yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas V MI Islamiyah Ngrejeng. Tahapan penelitian meliputi tahapan pengembangan produk media, tahapan validasi ahli materi, ahli media, dan tahapan uji coba produk. Tahapan uji coba produk terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap uji coba kelompok kecil dengan jumlah subjek uji coba 5 siswa, dan tahap uji coba kelompok besar dengan jumlah subjek uji coba 15 siswa. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media diorama layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah melewati uji validasi ahli materi yang mendapatkan presentase sebesar 84%, ahli media 70%, angket respon siswa memperoleh presentase keefektifan 92% atau layak digunakan. Kata kunci: Media Diorama, Materi Makanan dan Minuman Halal dan Haram, Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Materi Makanan dan Minuman Halal dan Haram, Madrasah Ibtidaiyah.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NURUL MITA ANGGRAINI
Date Deposited: 22 Oct 2022 06:20
Last Modified: 22 Oct 2022 06:20
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Habibullah, M. Romadlon
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Suttrisno, Suttrisno
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item
View Item