Anggraini, Nurul mita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FIKIH DI MI ISLAMIYAH NGREJENG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (281kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (496kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (471kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (254kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (367kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Proses pendidikan yang bermutu itu harus ditunjang oleh media pembelajaran yang disajikan oleh guru kepada siswa. Media pembelajaran yang bermutu yaitu media yang mampu meningkatkan motivasi pembelajaran, praktis dan mudah dipergunakan, merangsang dan menarik perhatian siswa, serta memiliki kemampuan dalam memberikan tanggapan, umpan balik termasuk mendorong siswa melakukan praktek pembelajaran dengan benar. Beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami dan membedakan jenis makanan dan minuman halal dan haram di pembelajaran fikih materi makanan dan minuman halal dan haram. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan validitas pada media diorama pada materi makanan dan minuman halal dan haram pada mata pelajaran fikih di kelas V. Mendeskripsikan hasil pengembangan media diorama pada materi makanan dan minuman halal dan haram pada mata pelajaran fiqih dikelas V. Mendeskripsikan keefektifan Media Diorama materi makanan dan minuman halal dan haram. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan mengikuti prosedur dari Borg and Gall. subjek yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas V MI Islamiyah Ngrejeng. Tahapan penelitian meliputi tahapan pengembangan produk media, tahapan validasi ahli materi, ahli media, dan tahapan uji coba produk. Tahapan uji coba produk terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap uji coba kelompok kecil dengan jumlah subjek uji coba 5 siswa, dan tahap uji coba kelompok besar dengan jumlah subjek uji coba 15 siswa. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media diorama layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah melewati uji validasi ahli materi yang mendapatkan presentase sebesar 84%, ahli media 70%, angket respon siswa memperoleh presentase keefektifan 92% atau layak digunakan. Kata kunci: Media Diorama, Materi Makanan dan Minuman Halal dan Haram, Madrasah Ibtidaiyah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Diorama, Materi Makanan dan Minuman Halal dan Haram, Madrasah Ibtidaiyah. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NURUL MITA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 06:20 |
Last Modified: | 22 Oct 2022 06:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, M. Romadlon UNSPECIFIED Thesis advisor Suttrisno, Suttrisno UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1697 |