MARKHAMAH, ALFINA LUK LUUL (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II MI MATHOLI'UL FALAH BRENGGOLO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (1MB)
awalan.pdf
Download (13MB)
BAB 1.pdf
Download (8MB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (23MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (1MB)
DAFTAR USTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18MB) | Request a copy
Abstract
Mata pelajaran matematika memberikan keterampilan berhitung yang baik, diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam bentuk pertanyaan guna mendapatkan jawaban yang benar. Akan tetapi, masih banyak siswa sekolah dasar yang belum bisa menyelesaikan soal matematika meskipun sederhana. Hal ini dibuktikan dengan nilai rendah dalam mengerjakan soal ulangan. Untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran tersebut dibutuhkan media untuk menunjang proses pembelajaran siswa. Pada permasalahan tersebut peneliti ingin mengembanggkan media pembelajaran papan hitung.Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Menjelaskan pengembangan pada media papan hitung pada materi penjumlahan pada mata pelajaran matematika di kelas II. 2. Mendeskripsikan hasil pengembangan media papan hitung pada materi penjumlahan pada mata pelajaran matematika di kelas II. Metode penelitian ini adalah Research and Development ( R & D), penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Tahap pengembangan yang digunakan penelitian ini mengacu pada pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk,hasil produk.Hasil kelayakan media papan hitung dari ahli materi yaitu mendapatkan persentase sebesar 90%, ahli media 98% sedangkan dari ahli bahasa 94% dari kriteria kelayakan, dari hasil perolehan angket respon siswa yang memperoleh presentasi keefektifan media papan hitung sebesar 94% atau sangat layak, dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran,Papan Hitung,Penjumlahan. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ALFINA LUK LUUL MARKHAMAH |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 01:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 01:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Amreta, Midya Yuli UNSPECIFIED Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1694 |