ROHMANA, SITI NADIA HIDAYATI (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PADANGAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (327kB)
AWALAN.pdf
Download (932kB)
BAB I.pdf
Download (487kB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (362kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (352kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (331kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (678kB) | Request a copy
Abstract
Model pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) merupakan model sumber belajar yang berasal dari teman sebaya atau sejawat yang lebih pandai memberikan bantuan belajar kepada teman-teman sekelasnya di sekolah. Tujuan dari implementasi model peer tutoring adalah agar peserta didik bisa membaca dan memahami dengan lancar sesuai dengan makharijul huruf dan tajwid yang benar. Berdasarkan latar penelitian yang telah diuraikan, maka dalam hal ini peneliti memilih fokus penelitian (1) Bagaimana implementasi model peer tutoring untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Padangan, (2) Bagaimana pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model peer tutoring. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model peer tutoring untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Padangan. Untuk mencapai tujuan penelitian diatas, maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data, mendisplay data, penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan sebuah data diuji dengan triangulasi. Hasil dari analisis penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman melalui model peer tutoring telah terealisasikan dengan baik. Serta saat pendidik mengimplementasikan model tersebut pada kegiatan belajar mengajar, yaitu pendidik mengacu pada rekomendasi pemerintah menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) satu lembar atau yang disederhanakan. Kata Kunci: Pembelajaran peer tutoring, meningkatkan pemahaman peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran peer tutoring, meningkatkan pemahaman peserta didik |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Nadia Hidayati Rohmana |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 05:53 |
Last Modified: | 22 Oct 2022 05:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rahmawati, Ulva Badi’ UNSPECIFIED Thesis advisor Isroani, Farida UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1690 |