PENGUATAN POTENSI MULTIPLE INTELLIGENCE PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs ISLAMIYAH BALEN

KHOIRIYAH, ISNA NUR (2022) PENGUATAN POTENSI MULTIPLE INTELLIGENCE PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs ISLAMIYAH BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV-1.pdf] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy

Abstract

MTs Islamiyah Balen memasukkan Multiple Intelligence sebagai salah satu pendekatan pembelajaran bagi siswa sekolah yang terintegrasi dengan kurikulum yang sudah ada. Sebelumnya MTs Islamiyah Balen ini menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik yang menekankan kemampuan intelek dan menyelesaikan suatu masalah yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional sehingga pembelajaran dinilai masih kurang efektif. Dari hal tersebut MTs Islamiyah Balen membuktikan bahwa strategi Multiple Intelligence dapat diberikan dan diterima oleh siswanya. Penyampaian Multiple Intelligence berbeda dengan strategi-strategi yang lain, apalagi bila diterapkan pada sekolah menengah pertama, tentunya memerlukan strategi khusus sehingga maksud dan tujuan dari proses pembelajaran ini dapat tercapai. Pendekatan multiple intelligence dalam pembelajaran harus menyesuaikan dengan keadaan jiwa anak dalam masa bermain, bebas berekspresi, dan mencoba-coba sesuatu yang baru sesuai dengan tingkat kecerdasan yang dimilikinya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, Obrservasi, Dokumentasi, Teknik analisis data dan penafsiran data, pengecekan keabsahan meliputi : perpanjangan keansahan temuan, pendiskusian guru dan siswa. Informasi penelitian yaitu : Kepala Madrasah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa MTs Islamiyah Balen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dengan Multiple Intelligences maka proses pembelajaran Pendidikan Agam Islam (PAI) di kelas menjadi menarik, menyenangkan sehingga mudah diterima dan dicerna oleh siswa karena sesuai dengan gaya belajar dan kecenderungan kecerdasan yang menonjol pada setiap siswa. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan mempergunakan serta memanfaatkan multiple intelligences membuat minat siswa menjadi lebih meningkat, dan diharapkan menghasilkan pemahaman dan pengamalan yang baik dan benar, berhasilnya proses pembelajaran ini menjadikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak di pandang sebelah mata lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligence, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISNA NUR KHOIRIYAH
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:06
Last Modified: 20 Oct 2022 07:06
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Anwar, Saeful
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item
View Item