EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN

FARIDA, NILA DURROTUL (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Al-Ishlah Prambontergayang Soko Tuban adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang mengutamakan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode sorogan, guna menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Banyak santri baru yang masih kurang dalam memahami kaidah tajwid, sehingga pondok tersebut menetapkan metode sorogan untuk menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi santri baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan, efektivitas, faktor pendukung dan penghambat metode sorogan dalam menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri baru di pondok pesantren Al-Ishlah. Metode yang digunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan mendiskripsikan data. Pengabsahan data dilakukan dengan proses triangulasi, yaitu proses penguatan data yang diperoleh dari berbagai sumber yang menjadi bukti temuan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaaan metode sorogan setelah kegiatan mengaji tartilan, yang mana mengaji setelah jamaah sholat subu. Santri mempelajari pelajaran yang hendak dibacakan dihadapan guru, setelah bacaannya sudah cukup baik maka santri tersebut langsung menghadap gurunya secara satu per satu, jika terjadi kekeliruan dalam membaca maka akan langsung dibenarkan. Metode sorogan ini sangat membantu santri baru membaca dengan baik daripada sebelumnya. Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode sorogan di pondok pesantren Al-Ishlah yaitu, guru yang berkualitas, santri yang bermukim, menciptakan kedekatan guru dengan santri, dan sarana prasarana, dan faktor penghambatnya yaitu, latar belakang santri, jumlah guru yang sedikit, memakan waktu cukup lama, dan santri yang bosan karena lama dalam mengantri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Sorogan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NILA DURROTUL FARIDA
Date Deposited: 20 Oct 2022 06:06
Last Modified: 09 Nov 2022 19:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Silfiyah, Khoirotus
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Khoiriyah, Siti
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item
View Item