IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP ROUDLOTUT THOLIBIN BALONGCABE KEDUNGADEM BOJONEGORO

FAUZIAH, ANIK (2022) IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP ROUDLOTUT THOLIBIN BALONGCABE KEDUNGADEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka belajar pada dasarnya adalah membebaskan peserta didik dalam pembelajarannya, tidak harus dikengkang untuk selalu belajar didalam kelas saja tanpa ada kreasi atau pun hal lainnya. Ketika adanya wabah covid-19 menjadi kendala dalam pembelajaran disekolahan, pemerintah menegaskan tidak berkerumun karena menghindari penyebaran penyakit covid-19, sehingga kepala sekolah memberi kebijakan untuk pembelajaran jarak jauh. Sehingga pembelajarannya menggunakan metode blended learning, yang akan memudahkan untuk peserta didik belajar dengan jarak jauh, karena pada pelajaran fikih terdapat banyak praktik, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian lapangan. Pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, analisis data, dan penarian kesimpulan. Informan pada penelitian ini adalah guru fikih, kepala sekolah, dan peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil: (1) Peserta didik mampu berpikir kritis dan bisa lebih kreasi dalam pembelajaran, (2) Terdapat faktor pendukung yaitu peserta didik bisa lebih mandiri dalam pembelajarannya, mudah memahami pembelajaran fikih dengan mudah. Dan faktor penghambatnya yaitu belum adanya guru penggerak, keterbatasan buku diperpustakaan, dan kurangnya pengawasan orang tua ketika pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Merdeka belajar, metode blended learning, mata pelajaran fikih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anik Fauziah
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:36
Last Modified: 19 Oct 2022 01:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item
View Item