Amirulloh, Abdur Rouf (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARBIYYATUL ISLAMIYYAH WA RUHANIYYAH MELALUI MEDIA VIDEOGRAFI PADA MAPEL SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS ISLAMIYAH BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER[1].pdf
Download (152kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB_1[1].pdf
Download (1MB)
BAB_2[1].pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB_3[1].pdf
Restricted to Registered users only
Download (690kB) | Request a copy
BAB_4[1].pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB_5[1].pdf
Download (225kB)
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf
Download (297kB)
LAMPIRAN[1].pdf
Restricted to Registered users only
Download (480kB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran Tarbiyyatul Islamiyah Wa Ruhaniyah merupakan pendidikan spiritual keislaman yang di dalamnya memuat pencapaian keberhasilan belajar di era modern yang berlandaskan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pembelajaran Tarbiyyatul Islamiyyah Wa Ruhanyyah (pendidikan spiritual keislaman) melalui media videografi pada mepel sejarah kebudayaan Islam dikelas VIII MTs Islamiyah Balen, dengan focus penelitian mencakup: 1) Bagaimana konsep pembelajaran Tarbiyyatul Islamiyah Wa Ruhaniyyah Dengan media videografi dalam mapel sejarah kebudayaan Islam dikelas VIII MTs Islamiyah Balen? 2) Bagaimana Implementasi media videografi dalam pengembangan pembelajaran Tarbiyyatul Islamiyyah Wa Ruhaniyyah sejarah kebudayaan Islam dikelas VIII MTs Islamiyah Balen? 3) Apa faktor pendukung dan hambatan dalam penggunaan media vidiografi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs Islamiyah Balen?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara, Observasi, Dokumentasi. Teknik analisis data dan penafsiran data, pengecekan keabsahan data meliputi : Perpanjangan keabsahan temuan, Pendiskusian guru dan siswa. Informasi peneltitian yaitu kepala madrasah, guru sejarah kebudayaan Islam dan siswa MTs Islamiyah Balen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bagaimana konsep pembelajaran Tarbiyyatul Islamiyah Wa Ruhaniyyah Dengan media videografi dalam mapel sejarah kebudayaan Islam dikelas VIII MTs Islamiyah Balen yaitu Model pembelajaran videografi yang digunakan ialah model pembelajaran di ruang IT dengan metode ceramah. 2) Bagaimana Implementasi media videografi dalam pengembangan pembelajaran Tarbiyyatul Islamiyyah Wa Ruhaniyyah sejarah kebudayaan Islam dikelas VIII MTs Islamiyah Balen yaitu ,Pembelajaran IT Class setiap satu minggu 2 kali yaitu, Pemanfaatan laboratorium komputer untuk pengenalan IT memberikan pemahaman siswa pada pembelajaran modern, Terdapat LCD Proyektor pada penunjang pembelajaran media videografi. 3) Apa faktor pendukung dan hambatan dalam penggunaan media vidiografi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs Islamiyah Balen yaitu Pendukung: guru/pendidik yang menguasai IT, fasilitas yang memadai, dukungan dari Walimurid dan Pengasuh Yayasan. Penghambat: Kurang kesadaran pendidik tentang pemanfaatan media videografi pembelajaran yang sudah di sediakan Madrasah, Kurangnya kesadaran kedisiplinan siswa tentang pentingnya pembelajaran, waktu, dana. Kata Kunci: Pembelajaran Tarbiyyatul Islamiyah Wa Ruhaniyyah, sejarah kebudayaan Islam, videografi, siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tarbiyyatul Islamiyah Wa Ruhaniyyah, sejarah kebudayaan Islam, videografi, siswa. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Abdur Rouf Amirulloh |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 09:13 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 09:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Manshur, Ahmad UNSPECIFIED Thesis advisor Aufa, Ari Abi UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1626 |