YOLANDA, PUNGKY ARIS (2022) UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN LITERASI INFORMASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 1 BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (566kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (716kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (809kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (611kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (669kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (560kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (563kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Ilmu pengetahuan mengalami perkembangan dan perubahan kearah yang lebih maju seiring dengan kehadiran teknologi komunikasi dan informasi yang menyebabkan penyebaran informasi semakin banyak dan beragam. Informasi dikemas tidak hanya dalam bentuk cetak seperti buku, majalah, dan Koran melainkan saat ini telah berbentuk non cetak seperti e-book, e-journal dan eletronik yang tersedia di internet. Banyaknya bentuk informasi yang beredar setiap orang memiliki kesempatan untuk mengakses informasi yang beragam untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Banyak media literasi informasi namun belum digunakan dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang mendapatkan informasi secara maksimal. Guru PAI SMP Negeri 1 Balen berupaya untuk melakukan pengembangan literasi informasi dengan memasukkan pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk teknik pengecekan keabsahan peneliti menggunakan teknik membercheck dan triangulasi, teknik ini digunakan untuk mengetahui keakuratan data yang diperoleh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa upaya guru dalam mengembangkan literasi informasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Balen terdapat beberapa langkah seperti, memberikan tugas kepada siswa untuk menjabarkan materi, mengarahkan siswa untuk melaksanakan strategi pencarian informasi, menugaskan siswa untuk merangkum dan memilah informasi, mengajar siswa menggabungkan informasi dari berbagai sumber, dan juga mengevaluasi tugas. Dalam mengembangkan literasi informasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Balen juga terdapat beberapa kendala yang perlu diketahui dan dicarikan solusinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi informasi, Siswa Sekolah Menengah Pertama |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pungky Aris Yolanda |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 07:00 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 07:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma’arif, M. Jauharul UNSPECIFIED Thesis advisor Burhanuddin, Hamam UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1625 |