UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN LITERASI INFORMASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 1 BALEN BOJONEGORO

YOLANDA, PUNGKY ARIS (2022) UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN LITERASI INFORMASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 1 BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu pengetahuan mengalami perkembangan dan perubahan kearah yang lebih maju seiring dengan kehadiran teknologi komunikasi dan informasi yang menyebabkan penyebaran informasi semakin banyak dan beragam. Informasi dikemas tidak hanya dalam bentuk cetak seperti buku, majalah, dan Koran melainkan saat ini telah berbentuk non cetak seperti e-book, e-journal dan eletronik yang tersedia di internet. Banyaknya bentuk informasi yang beredar setiap orang memiliki kesempatan untuk mengakses informasi yang beragam untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Banyak media literasi informasi namun belum digunakan dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang mendapatkan informasi secara maksimal. Guru PAI SMP Negeri 1 Balen berupaya untuk melakukan pengembangan literasi informasi dengan memasukkan pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk teknik pengecekan keabsahan peneliti menggunakan teknik membercheck dan triangulasi, teknik ini digunakan untuk mengetahui keakuratan data yang diperoleh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa upaya guru dalam mengembangkan literasi informasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Balen terdapat beberapa langkah seperti, memberikan tugas kepada siswa untuk menjabarkan materi, mengarahkan siswa untuk melaksanakan strategi pencarian informasi, menugaskan siswa untuk merangkum dan memilah informasi, mengajar siswa menggabungkan informasi dari berbagai sumber, dan juga mengevaluasi tugas. Dalam mengembangkan literasi informasi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Balen juga terdapat beberapa kendala yang perlu diketahui dan dicarikan solusinya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi informasi, Siswa Sekolah Menengah Pertama
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pungky Aris Yolanda
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:00
Last Modified: 18 Oct 2022 07:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma’arif, M. Jauharul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item
View Item