IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE RESITASI PADA MATERI KISAH TELADAN SAHABAT NABI KELAS VIII DI MTs ISLAHIYAH KALITIDU

KOMARIYAH, SITI (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE RESITASI PADA MATERI KISAH TELADAN SAHABAT NABI KELAS VIII DI MTs ISLAHIYAH KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of aawalan.pdf] Text
aawalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2 (1).pdf] Text
bab 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa dalam proses pembelajaran terkadang masih ada peserta didik yang kurang menyukai materi keteladanan sahabat Nabi ataupun penyampain guru dalam menjelaskan yang mungkin kurang difahami, metode resitasi yang dimana metode tersebut memiliki tujuan untuk mengaktifkan proses pembelajaran dan membiasakan peserta didik untuk melatih pengulangan, pengujian peserta didik melalui tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, dan kerja keras dengan menggunakan metode resitasi pada materi kisah teladan sahabat Nabi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pengambilan lokasi penelitian pada MTs Islahiyah Kalitidu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari pengampu mapel akidah akhlak dan seluruh peserta didik kelas VIII. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dengan dua cara, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter dengan metode resitasi di MTs Islahiyah kalitidu peserta didik lebih diutamakan untuk menghafal belum sampai memahami dan menerapkan betul apa isi dari materi yang dipelajari.oleh dari itu pembelajaran dibuat dengan beberapa tahapan diantaranya perencanaan, perancangan, proses dan evaluasi hasil dengan metode resitasi pada materi kisah teladan sahabat Nabi yang memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan nilai karakter siswa untuk akhlak keseharianya dalam berprilaku baik di sekolah maupun luar. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tersebut ialah faktor lingkungan, faktor adat kebiasaan, faktor keluarga, dan faktor insting. Berdasarkan hasil penelitian tersebut implementasi pendidikan karakter di MTs Islahiyah Kalitidu dilaksanakan dengan baik meskipun dengan beberapa hambatan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter, Metode Resitasi, Teladan Sahabat Nabi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 201855010104628@kelasonline.unugiri.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:31
Last Modified: 20 Oct 2022 01:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Aufa, Ari Abi
ariabi@gmail.com
UNSPECIFIED
Nihayah, Hamidatun
nihayah@gmail.com
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item
View Item